ilustrasi makanan sehata/NET
ilustrasi makanan sehata/NET
KOMENTAR

POLUSI udara semakin mengkhawatirkan. Maka dari itu, Anda perlu memahami betapa pentingnya konsumsi vitamin secara rutin. 

Selain cegah penyakit, vitamin juga bermanfaat untuk vitalitas tubuh agar tidak mudah lelah. 

Vitamin adalah senyawa organik yang umumnya terdapat dalam sayur dan buah yang kita konsumsi. Vitamin juga bisa didapat dari ekstrak sayur dan buah-buahan dalam bentuk cair maupun kapsul. 

Vitamin dan mineral diperlukan untuk menunjang kinerja organ tubuh kita sehari-hari. Selain itu, vitamin bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. 

Mengonsumsi vitamin terbukti menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Vitamin juga punya andil besar dalam membangun dan membentuk sel-sel tubuh baru. 

Manfaat vitamin secara rinci digolongkan dalam beberapa sebutan, seperti seperti vitamin A, B, C, D dan E. Masing-masih huruf memiliki kelebihan tersendiri. 

Vitamin A atau retinol atau asam retinoat merupakan nutrisi yang penting untuk organ penglihatan, pertumbuhan tubuh, pembelahan sel, kesehatan sistem reproduksi dan menunjang sistem kekebalan tubuh.

Kemudian, Vitamin B6, B12 dan asam folat dapat membantu metabolisme asam amino (bahan penyusun protein) dan membantu sel berkembang biak dengan cepat. 

Vitamin, khususnya vitamin C, membantu pertumbuhan kolagen, menyembuhkan luka fisik, menopang dinding pembuluh darah dan membentuk dasar pembuatan dan penguat gigi dan tulang. Vitamin C juga berperan aktif dalam membangun kekebalan tubuh.

Selanjutnya, ada vitamin D yang sangat baik dalam menjaga imunitas tubuh. Vitamin D mampu memperkuat tubuh dalam melawan zat patogen. Konsumsi vitamin D juga terbukti mampu mengurangi risiko terjadinya infeksi pernapasan. 

Memiliki sifat antioksidan, vitamin E terbukti ampuh untuk  melawan serangan radikal bebas. Kamu bisa menemukan vitamin E yang terkandung dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, hingga biji bunga matahari. 

Itulah deretan manfaat dan pentingnya konsumsi vitamin bagi kesehatan.




Jangan Paksakan Masuk Kerja Jika Lima Hal Ini Terjadi

Sebelumnya

Flu Singapura Meradang, Masker dan Isolasi Mandiri Kembali Dikencangkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health