Suasana pelepasan kontingen Indonesia ke Asian Games Hangzhou 2023 di Istana Merdeka (19/9)/Humas Setkab
Suasana pelepasan kontingen Indonesia ke Asian Games Hangzhou 2023 di Istana Merdeka (19/9)/Humas Setkab
KOMENTAR

PRESIDEN Joko Widodo melepas kontingen Merah Putih untuk berlaga di Asian Games 2023 pada Selasa (19/9) bertempat di Istana Merdeka, Jakarta.

Sebanyak 413 atlet kebanggaan Tanah Air berangkat ke Hangzhou, China untuk berjuang mengharumkan nama Indonesia dalam acara olahraga terbesar di Asia yang akan digelar 23 September-8 Oktober 2023. Pada tahun ini, Indonesia mengikuti pertandingan pada 30 cabang olahraga.

Data Farah.id menunjukkan bahwa Indonesia berada di posisi 4 besar saat berlaga di Asian Games 2018. Dan dari kalkulasi sementara, Menpora memperkirakan Indonesia bisa turun ke posisi 12.

Presiden Joko Widodo pun menyampaikan harapannya kepada seluruh anggota kontingen Merah Putih yang berjumlah 576 orang tersebut.

"(Posisi 12) Untuk saya jauh banget, saya minta Indonesia masuk 10 besar. Saya tahu, menjadi tuan rumah dan tidak menjadi tuan rumah itu berbeda. Jadi kembali lagi, target harus masuk 10 besar, hitungan saya biasanya tidak meleset," kata Presiden.

Diketahui bahwa ada atlet dari lima cabang olahraga yang telah terbang ke China. Mereka adalah atlet kriket modern, penthlaton, voli pantai, voli indoor, hingga sepak bola.

Dalam acara pelepasan tersebut, Presiden Joko Widodo hadir didampingi Menteri Pemuda dan Olah Raga Dito Ariotedjo, Ketua Kontingen Indonesia Asian Games 2023 Basuki Hadimuljono, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari Menteri PMK Muhadjir Effendy, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Selamat bertanding. Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menanti prestasi demi prestasi dan medali emas yang sebanyak-banyaknya dapat kita raih," pesan Presiden Joko Widodo.




CERDIK Beraktivitas Usai Libur Lebaran

Sebelumnya

Korea Selatan Impor Siswa dari Empat Negara Imbas Tingkat Kelahiran yang Terus Menurun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News