Desain tata rencana Ibu Kota Nusantara (IKN)/Net
Desain tata rencana Ibu Kota Nusantara (IKN)/Net
KOMENTAR

STATUS Daerah Khusus Ibu Kota tidak akan lagi disandang oleh Jakarta apabila ibu kota negara sudah dipindahkan ke Kalimantan Timur. Status yang nantinya akan dipakai oleh Jakarta hanyalah Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Jika dilihat dari konsep pemindahan ibu kota ini, maka sama seperti pemindahan ibu kota Amerika dari New York ke Washington DC.

New York menjadi ibu kota Amerika Serikat selama lima tahun, yaitu 1785 sampai 1790. Washington DC saat ini dikenal menjadi pusat pemerintahan Amerika Serikat. Sementara New York, kini lebih dikenal sebagai pusat bisnis dan ekonomi Amerika.

Yang kedua ada Australia, yang sebelumnya Melbourne pernah menjadi ibu kota dan pusat ekonomi, namun karena situasi yang semakin kacau akhirnya ibu kota negaranya dipindah ke Canberra.

Relokasi terjadi pada 1927, setelah Canberra memenuhi kriteria sebagai ibu kota, salah satunya adalah memiliki taman kota. Canberra juga dipilih karena terletak di antara Melbourne dan Sydney. Pembangunan Canberra sudah dimulai sejak 1913.

Ketiga, ada Brazil yang memindahkan ibu kota negaranya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada 21 April 1960. Brasilia sengaja dibangun dan dikembangkan sebagai alternatif dari Rio de Janeiro yang berpenduduk padat. Brasilia dirancang oleh arsitek Oscar Niemeyer dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987.

Selanjutnya adalah negara tetangga, Malaysia, yang memindahkan ibu kotanya dari Kuala Lumpur ke Putrjaya. Relokasi dilakukan pada 1999 dan Putrajaya didirikan pada 19 Oktober 1995.

Myanmar pun demikian, memindahkan ibu kotanya dari Yangon ke Naypyidaw pada 2005. Ibu kota baru ini sangat sepi dan sering disebut sebagai ‘Kota Mati’.

Nigeria memindahkan ibu kota negaranya dari Lagos ke Abuja pada 1991. Abuja dibangun dan diperluas pada 1980-an. Alasan utama memindahkan ibu kota adalah lokasi dan aksesibilitas yang lebih sentral. Abuja telah menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana pada 1997. Dan pada 2019, Astana berubah nama menjadi Nursultan, yang mengacu pada nama mantan presiden pertama, Nursultan Nazarbayev.

Dari Karachi ke Islamabad, Pakistan memintahkan ibu kota negaranya pasca merdeka pada 1947. Islamabad dibangun pada 1960-an untuk menggantikan Karachi. Islamabad merupakan kota yang bersih dan luas, dengan lebih banyak ruang hijau.

Terakhir adalah Turki, yang memintahkan ibu kota Istanbul ke Ankara untuk memenuhi peryaratan nasional. Terjadi pada 1922, ketika Republik TUrki didirikan. Oleh karena itu, saat ini Istanbul dikenal sebagai pusat perekonomian dan Ankara menjadi ibu kota Turki.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News