Petugas melakukan pemeriksaan terhadap salah satu kendaraan operasional Kedinasan di Bandung Jawa Barat guna mengurangi Polusi Udara/NET
Petugas melakukan pemeriksaan terhadap salah satu kendaraan operasional Kedinasan di Bandung Jawa Barat guna mengurangi Polusi Udara/NET
KOMENTAR

UJI EMISI kendaraan sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak beberapa hari lalu. Penindakan denda tilang diberlakukan bagi kendaraan roda dua dan empat yang tak lolos uji. 

Hanya saja, uji emisi ini baru berlaku bagi kendaraan yang usianya di atas tiga tahun.

Salah satu agar kendaraan lolos uji emisi yaitu dengan rutin perawatan pada sepeda motor dan mobil. Tentu upaya ini akan sangat membantu mengurangi emisi yang menjadi penyebab polusi udara.

“Rutin melakukan service memiliki banyak keuntungan mulai dari kondisi motor tetap prima dan juga ikut menekan polusi udara,” kata Head of Technical Service Department PT Wahana Makmur Sejati Benedictus F Maharanto dalam laman resmi Honda, Sabut (2/9).

Uji emisi dilakukan untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta. Di mana, secara umum hasil pembakaran yang dikeluarkan lewat knalpot jadi penyebab polusi udara semakin banyak. 

Hasil pembakaran pada knalpot terlihat ada dua warna yaitu asap putih dan hitam. Warna yang keluar menandakan adanya masalah teknis bagian mesin motor apalagi jika motor yang digunakan dengan tipe 4 tak.

Sistem 4 tak adalah mesin yang memang didesain untuk lebih ramah lingkungan dengan menghilangkan asap pembuangan mesin.

"Beberapa penyebab munculnya asap putih seperti silinder comp atau liner mesin yang sudah aus. Ini terjadi akibat pergerakan piston yang bergesekan terus menerus pada saat motor hidup," kata Tim Senior Training Analyst Wahana, Wahyu Budhi.

Selanjutnya, kebocoran seal katup, kebocoran ini sering terjadi jika seal katup yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara di ruang pembakaran mesin bocor, sehingga oli dapat masuk ke dalam manifold.

Sementara itu, bagi mesin dengan tipe 4 tak menurut dia tidaklah mengeluarkan asap berwarna hitam. Indikator awal biasanya muncul dari banyaknya timbunan kerak karbon di ruang bakar. 

"Jangan khawatir, solusinya cukup mudah dengan membersihkan kerak yang menempel di head cylinder," ungkapnya.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News