Wakil Ketua Umum ICMI Prof Dr Ir Riri Fitri Sari, MM, MSc berharap Indonesia dapat membina bibit unggul yang sangat potensial mengharumkan dan membesarkan nama Nusantara di mata dunia/Net
Wakil Ketua Umum ICMI Prof Dr Ir Riri Fitri Sari, MM, MSc berharap Indonesia dapat membina bibit unggul yang sangat potensial mengharumkan dan membesarkan nama Nusantara di mata dunia/Net
KOMENTAR

IKATAN Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) meminta pemerintah agar lebih optimal membina generasi muda, khususnya para talenta unggul untuk mencapai cita-cita bangsa. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Umum ICMI, Prof Dr Ir Riri Fitri Sari, MM, MSc, di Jakarta, Senin (21/8).

Riri mengaku optimis Indonesia memiliki banyak talenta unggul yang apabila dibina secara optimal akan menjadi motor penggerak tercapainya cita-cita Indonesia Emas pada 2045.

Untuk itu, perlu sebuah grand desain manajemen talenta nasional agar anak-anak dan generasi muda Indonesia yang memilki bakat luar biasa didorong untuk mengembangkan talenta yang dimiliki agar berkembang dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kemajuan Indonesia.

“Hasil studi para ilmuan menunjukkan, dalam setiap populasi ada 5-10 persen di antaranya yang memiliki bakat tertentu. Bakat yang terpendam ini harus ditemukan, dibina, dan dikembangkan, sehingga menghasilkan capaian maksimal,” ujar Riri.

Perempuan yang juga Guru Besar Universitas Indonesia ini menghargai upaya dan inisiatif pemerintah dalam mengembangkan talenta-talenta muda. Dalam catatan Riri, pemerintah sudah cukup aktif mengembangkannya melalui berbagai event yang positif, seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Salah satu contohnya adalah Putri Ariani, seorang remaja Indonesia yang berhasil menembus panggung internasional lewat keindahan suaranya. 

“Dengan memprioritaskan pengembangan talenta-talenta yang berkualitas, Indonesia dapat lebih siap menghadapi perubahan global dan meraih kemajuan yang berkelanjutan,” ucapnya.

Pernyataan Riri itu juga menguatkan pendapatnya tentang pemberdayaan perempuan, pemuda dan anak dalam dalam Webinar Nasional ICMI bertajuk Pengembangan Talenta Indonesia - Menjahit Bendera Merah Putih di Pusaran Dunia Baru Jagat Maya, Jumat (18/8).

Webinar tersebut dihadiri Ketua Umum ICMI Prof Dr Arif Satria dan MA Ketua Koordinasi Pemuda Majelis Pengurus Pusat ICMI Prof Dr M Asrorun Ni’am Sholeh.

Juga para pembicara Asep Sukmayadi, MIP (Kepala Badan Pengembangan Talenta Nasional Kemendikbud RI), U Saefudin Noer, MSi (Ketua Departemen Pengembangan Kepemimpinan-Majelis Pengurus Pusat ICMI), Prof Dr Ir Retno Wigajatri Purnamaningsih, MT (Ibunda Generasi Bertalenta, Membuka Cakrawala Berpikir Anak).




Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Haji Merekam Video Berdurasi Panjang, Simak Ketentuannya

Sebelumnya

Tokoh Pers dan Perfilman Nasional Salim Said Meninggal Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News