Penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi di tengah polusi udara yang tinggi. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih segar dan sehat, tidak tampak tanda penuaan dini/Net
Penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi di tengah polusi udara yang tinggi. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih segar dan sehat, tidak tampak tanda penuaan dini/Net
KOMENTAR

POLUSI udara sedang tinggi-tingginya, penting untuk menjaga kulit untuk tetap terhidrasi agar selalu tampak sehat dan segar. Namun, di masa seperti sekarang ini, menjaga kulit terhidrasi dan tetap segar bukan hal yang mudah. Kita tidak lagi hanya bisa mengandalkan pelembab atau body lotion, namun serangkaian perawatan perlu dilakukan.

Tiga hal paling mendasar yang menjadi syarat wajib menjaga kulit tetap terhidrasi, segar, dan sehat adalah membersihkan, melembabkan, dan memproteksi dari sunar ultra violet (UV). Tiga serangkai ini perlu rutin dilakukan setiap hari.

1. Membersihkan kulit dengan rutin

Yang dimaksud dengan membersihkan kulit tentunya dengan rutin mandi. Tetapi, air yang digunakan usahakan bersuhu suam-suam kuku, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin, menyesuaikan dengan suhu tubuh. Lalu, gunakan sabun yang bersifat melembabkan. Waktu mandi maksimal 15 menit, agar flora normal (bakteri, jamur, atau parasit alami) yang melindungi kulit tidak cepat hilang. Jangan lupa untuk keramas dan mencuci wajah dengan facial foam yang lembut.

2. Lanjutkan dengan melembabkan kulit

Setelah kulit bersih sempurna, lanjutkan dengan menggunakan pelembab kulit yang bersifat medis dan tidak mengandung wewangian. Pelembab yang wangi pasti memiliki penambahan bahan-bahan atau substansi tertentu yang berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi. Jangan lupa, selain kulit, bibir juga perlu dilembabkan dengan lip balm dan rambut dengan conditioner.

3. Lindungi kulit dari sinar UV

Untuk perlindungan terhadap sinar UV, gunakan baju yang memiliki UV Protection Factor (UPF) serta tabir surya yang memiliki SPF 30 dan PA++, serta mengandung setidaknya lima antioksidan.

Perlindungan terhadap UV ini penting, karena seiring bertambahnya usia ada sel (fibroblas) yang memproduksi kolagen dengan fungsi menjaga elastisitas kulit, akan menghasilkan radikal bebas yang semakin membuat kulit mengalami penuaan. Di sinilah pentingnya antioksidan.

Selain itu, jaga pola hidup sehat dengan minum minimal delapan gelas per hari atau dua liter, agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.




Fashion Trend ala NewJeans, Populerkan Kembali Wide Pants dan Jeans

Sebelumnya

5 Kandungan Moisturizer Terbaik untuk Wajah Berminyak, Hati-Hati Jangan Salah Pilih!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga