Dubes Indonesia untuk Kairo Lutfi Rauf beserta jajaran KBRI Kairo Mesir, saat berfoto bersama usai melaksanakan peringatan HUT ke-78 RI di Kairo, Mesir, Kamis (17/8)/Ist
Dubes Indonesia untuk Kairo Lutfi Rauf beserta jajaran KBRI Kairo Mesir, saat berfoto bersama usai melaksanakan peringatan HUT ke-78 RI di Kairo, Mesir, Kamis (17/8)/Ist
KOMENTAR

LAIN negara, lain pula penyelenggaraan perayaan HUT Kemerdekaan Ke-78 RI. Di Kairo, perayaan HUT Kemerdekaan RI juga tidak kalah ramai. Upacara bendera dilaksanakan di lapangan hijau Wisma Duta, di KBRI Kairo, Mesir. Upacara dimulai tepat pukul 08.00 waktu Kairo dan diikuti oleh 300 WNI.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Dubes Lutfi Rauf dan pasukan pengibar bendera merupakan siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dan pelajar Ma’had Al-Azhar (setingkat SLTA).

“Jangan berhenti meneruskan pembangunan dan peradaban bangsa dengan semangat gotong royong dan estafet,” pesan Dubes Lutfi Rauf pada pidatonya.

Untuk menanamkan semangat patriotisme, siswa-siswi SIC menampilkan aubade dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan lagu daerah. Menampilan memukau mereka mendapat sambutan luar biasa dari para hadirin. Dan, ini adalah penampilan SIC yang pertama kali usai pandemic COVID-19.

Dan, agar mengobati kerinduan suasana perayaan kemerdekaan RI seperti di Tanah Air, KBRI Kairo juga menyelenggaraan berbagai perlombaan. Mulai dari sepak takraw, tenis meja, billiard, catur, dan badminton. Perlombaan ini dimulai sejak awal Agustus dengan melibatkan para staf dan pegawai KBRI Kairo.

Aubade siswa-siswi SIC menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah Indonesia/Ist

SIC pun tidak mau kalah. Mereka menggelar berbagai macam jenis perlombaan, seperti lomba menggambar, balap kelereng, memasukkan paku dalam botol, kebersihan kelas, makan kerupuk, dan balap karung.

Tema yang diambil oleh panitia HUT RI tahun ini adalah Indonesia-Egypt: Trade with Remarkable.

Kita ketahui bersama, Mesir merupakan negara Arab pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. Karenanya, hubungan diplomatik kedua negara ini terus meningkat dan menguat sampai sekarang, khususnya di bidang perdagangan, pendidikan dan kebudayaan.

Diketahui, hingga saat ini jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir mencapai 14ribu orang. Mayoritas pelajar belajar di Universitas Al-Azhar. Jumlah tersebut adalah yang terbesar di kawasan dan menjadi jumlah mahasiswa asing terbesar (mencapai 46ribu jiwa) dari 137 negara.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News