Jutaan pelancong tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan landmark ikonik India, Taj Mahal, saat berkunjung ke sana/Net
Jutaan pelancong tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan landmark ikonik India, Taj Mahal, saat berkunjung ke sana/Net
KOMENTAR

TAJ MAHAL adalah mahakarya arsitektur Dinasti Mughal yang dibangun pada 1632 Masehi. Bangunan megah yang terletak di tepi sungai Yamuna, Distrik Agra, Uttar Pradesh, India ini merupakan mausoleum Mumtaz Mahal. Ia adalah permaisuri Shah Jahan, penguasa Mughal yang berkuasa dari 1628 sampai 1658.

Mumtaz Mahal lalu meninggal dunia pada 17 Juni 1631. Untuk mengabadikan kenangan tentang permaisurinya, Shah Jahan memerintahkan pembangunan Taj Mahal atau Mahkota Istana.

Taj Mahal dihiasi lebih dari 40 jenis batu berharga dan semi mulia, antara lain Mutiara, berlian, zamrud, dan safir. Bahan bangunan diambil dari berbagai tempat seperti Punjab, Rajastha, Sri Lanka, Tibet, dan China.

Butuh sekitar 20 tahun untuk menyelesaikannya dengan tenaga 20ribu pekerja. Hampir 1000 gajah digunakan untuk mengangkut bahan konstruksi.

Begitu istimewa dan cantiknya Taj Mahal, sehingga siapapun orang yang melihatnya akan terpukau dan tidak mau melewatkan untuk berfoto, mengabadikan Taj Mahal lewat ponsel maupun kamera profesional mereka.

Tidak heran jika kemudian foto-foto Taj Mahal berseliweran di banyak media, tidak hanya media umum tetapi media sosial pribadi seseorang. Terutama di Instagram, yang menurut pemberitaan Times of India, Selasa (15/8), landmark ikonik India itu dinobatkan sebagai situs ter-Instagramable lantaran paling sering muncul di Instagram. Jumlahnya kurang lebih sebanyak 4,2 juta.

Taj Mahal berhasil mengungguli Istana Versailles di Prancis. Istana Versailles sendiri adalah istana kerajaan dan bekas pusat pemerintahan dan memegang status penting dalam sejarah dunia. Istana ini menjadi objek wisata terkemuka yang menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya.

Taj Mahal juga berhasil mengungguli Patung Liberty, Machu Piccu, dan Petra, yang masing-masing berada di urutan ketiga, keempat dan kelima.

Farah.id juga menelusuri, bahwa ada warisan dunia alam yang juga sangat Instagramable dan mendapat hashtag terbanyak di media sosial tersebut. Yaitu grand Canyon dengan lebih dari 4,3 juta tagar.

Tempat itu menarik 4,73 pengunjung pada 2022 dan orang-orang dari seluruh dunia mengunjunginya untuk dapat menikmati keajaiban geologis ini.

Lalu ada pantai Amalfi di Italia, dengan lebih dari 3,7 juta tagar. Tempat ini sangat indah secara alami dan sangat menakjubkan seperti dunia lain.

Instagramable juga dinobatkan pada Istanbul, sebagai kota warisan dunia yang paling banyak diunggah, yaitu 124,3 juta tagar. Ada pula Roma, Colosseum, dan air mancur Trevi. Di posisi ketika ditempati oleh kota Praha di Eropa, dengan 18,5 juta tagar.




Melongok Universitas Tertua Al Quaraouiyine

Sebelumnya

Dakhla, Kota Bertemunya Gurun dan Laut

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon