Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

PERLU hal yang ekstra untuk menangani anak yang senang tidur malam atau gemar begadang. Bukan karena hanya mengganggu aktivitasnya di keesokan hari, tetapi hal yang membuat anak menyenangkan itu bisa mengganggu tumbuh kembangnya secara serius.

Pada anak usia 1 sampai 5, mereka memerlukan waktu tidur malam sebanyak 10-12 jam dan tidur siang sebanyak 1-2 jam. Bukan hanya untuk mengistirahatkan tubuh, tidur yang cukup sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan menunjang proses pertumbuhan serta kecerdasannya.

Sebab, ketika tidur kelenjar otak anak memproduksi hormon pertumbuhan. Kurang tidur secara otomatis mengganggu kerja hormon dan berdampak pada proses tumbuh kembangnya.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga menunjukkan, bahwa anak-anak yang tidur di atas pukul 10 malam lebih berisiko mengalami gangguan perkembangan system saraf. Hal ini dapat menimbulkan efek negatif pada perkembangan perilaku.

Ayah Bunda tentu saja tidak menginginkan tumbuh kembang anak terganggu, bukan? Untuk itu, penting kiranya melakukan beberapa cara untuk mengatasi anak yang terbiasa tidur malam.

1. Berlakukan jadwal tidur yang konsisten

Anak mungkin belum mengerti jadwal tidur yang tepat untuknya. Karenanya, Ayah Bunda harus membantunya dengan menerapkan jam tidur yang konsisten, agar anak terbiasa tidur di jam yang sama setiap harinya. Lama kelamaan, ia akan otomatis mengantuk di jam tersebut dan bisa mengurangi keinginannya untuk tidur larut malam.

2. Buat suasana tidur yang nyaman

Suasana kamar yang ideal untuk tidur nyenyak adalah yang gelap dan sejuk. Oleh karena itu, kurangi paparan cahaya untuk memudahkan otak beristirahat. Jika anak tidak terbiasa tidur dalam kondisi gelap, berikan lampu tidur yang memiliki cahaya redup. Atur pula suhu kamar agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

3. Hindari gadget

Penggunaan gawai dan televisi di waktu sebelum tidur bisa menyebabkan anak terus terjaga, meskipun sudah mengantuk. Jadi, buatlah kamar bebas gadget dan televisi.

4. Jangan biarkan anak aktif di malam hari

Terlalu asyik bermain bisa membuat anak kelewat bersemangan dan tidak mengantuk. Di sini, Bunda bisa mengajaknya membuat kebiasaan sebelum tidur, seperti menyikat gigi, mengganti baju dengan piyama, atau mendongeng.

5. Hindari makan dan minuman berkafein

Kafein tidak hanya ada pada kopi, tapi juga minuman bersoda, teh, cokelat panas, atau es krim.

Tidak sulit mengatasi anak-anak yang senang begadang dengan menerapkan cara di atas. Intinya ada pada konsistensi.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting