Cegah pneumonia pada anak dan kelompok rentan dengan pemberian imunisasi lengkap dan menjaga pola hidup bersih dan sehat/Net
Cegah pneumonia pada anak dan kelompok rentan dengan pemberian imunisasi lengkap dan menjaga pola hidup bersih dan sehat/Net
KOMENTAR

UDARA di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, disebutkan bahwa udara yang ada sudah tidak layak untuk dihirup. Tidak mengherankan jika kemudian kelompok rentan, seperti anak-anak dan lansia, jadi mudah terserang gangguan pernapasan.

“Salah satu upaya untuk mencegah dampak polusi udara yang menyebabkan penyakit menular ISPA, pneumonia, yang sangat rentan bagi bayi, balita, ibu hamil pralansia dan lansia berusia kurang dari 50 adalah dengan memberikan imunisasi lengkap, gratis dari pemerintah, selain menghindari aktivitas outdoor dan penggunaan masker ketika berada di luar ruangan,” kata pemerhati kesehatan dr Ngabila Salama kepada Farah.id, Sabtu (12/8).

Pneumonia adalah penyakin yang dapat menyebabkan kelainan pada paru-paru yang tentunya membahayakan pengidapnya. Salah satu cara mencegah penyakit tersebut adalah dengan vaksinasi. Orang tua harus paham betul jenis vaksinasi apa yang akan diberikan dan kapan dilaksanakan.

Mengutip dari Halodoc, berikut ini jenis vaksinasi yang disebut mampu ‘menangkal’ penyakit Pneumonia:

1. Vaksin PCV

Vaksin ini sudah umum dilakukan. Suntikannya berisi vaksin pneumokokus yang dapat melindungi manusia dari infeksi bakteri penyebab penyakit tersebut. Juga mampu mencegah penyakit fatal lain seperti septikemia dan meningitis. Vaksin PCV umumnya diberikan ketika ada berusia 2 bulan hingga 5 tahun.

2. Vaksin Hib

Suntikannya dapat mencegah penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri Haemophilus influenza. Vaksin ini dapat mencegah penyakit meningitis dan epiglottitis dan sangat penting diberikan sejak anak berusia di bawah 5 tahun.

3. Vaksin Influenza

Vaksin influenza mampu mencegah banyak penyakit, salah satunya pneumonia. Sebab, banyak kasus flu yang menyerang dapat berkembang menjadi pneumonia. Sehingga, wajib memberikan yang terbaik kepada anak dengan memastikan dirinya tetap sehat.

Itulah tiga jenis vaksin atau imunisasi lengkap yang sebaiknya diberikan kepada balita Bunda, agar terhindar dari pneumonia.

Namun, barengi pula dengan penerapan pola hidupa sehat. Pastikan Si Kecil rajin mencuci tangan sebelum mengonsumsi apapun. Rajin menjaga kebersihan rumah dan mengonsumsi makanan yang benar-benar bersih dapat membantu mencegah penyakit pneumonia pada kelompok rentan.




Yuk, Makan Buah Salak

Sebelumnya

Apa Penyebab Jantung Berdebar Tiba-Tiba?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health