Ilustrasi hewan komodo tengah berjalan di pasir pantai/Net
Ilustrasi hewan komodo tengah berjalan di pasir pantai/Net
KOMENTAR

Seekor komodo terlihat berkeliaran di Jalan Labuan Bajo-Golomori di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Video komodo berkeliaran di jalanan itu viral di media sosial.

Tampak seekor komodo berukuran sedang tersebut tengah melata di sisi jalan, tepatnya di bagian tebing yang sudah terlindungi dari potensi longsor (proteksi tebing geomat).

Jalan tersebut menghubungkan Labuan Bajo dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Golomori yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2023.

Komodo itu tampak berjalan naik sampai ke puncak tebing. Hewan itu berjalan di antara vegetasi alami yang tumbuh di antara jaring geomat pada tebing tersebut.

Kejadian ini membuat Kepala Desa Golomori Samaila angkat bicara. Menurut Samaila, lokasi komodo berkeliaran itu adalah di jalan yang memisahkan Dusun Soknar dan Dusun Lenteng, yakni di ruas jalan Labuan Bajo-Golomori.

Dia mengatakan, di sekitar kawasan itu memang terdapat habitat komodo. "Komodo memang ada di pesisir Golomori," kata Samaila seperti dikutip dari Detik, Senin (7/8).

Kawasan pesisir Golomori tidak jauh dari Pulau Rinca, yang merupakan salah satu habitat komodo di Taman Nasional Komodo. Daerah itu dipisahkan oleh Selat Molo Mori, yang terkenal dengan arus yang deras.

Samaila juga membantah dengan anggapan bahwa komodo itu berasal dari Pulau Rinca. "Bukan dari Rinca, setahu kami komodonya memang asli Golomori. Sejak saya kecil bahkan diceritakan oleh orang tua memang komodonya memang ada dari dulu," bebernya.

Namun, Samaila mengungkapkan komodo di Golomori tidak seagresif komodo di Taman Nasional Komodo. Sepanjang sejarah daerah itu, belum pernah ada komodo di Golomori yang menyerang manusia.

"Komodo yang di sekitar pasir Golomori tak seagresif komodo yg di Taman Nasional Komodo. Komodo di sini kalau lihat orang, komodonya lari. Tapi kami tetap waspada," tuturnya.

Di sisi lain, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT belum bisa memberikan penjelasan tentang keberadaan komodo yang berkeliaran di ruas jalan Labuan Bajo-Golomori tersebut. Staf BKSDA NTT Dewi Indriasari meminta menunggu penjelasan resmi dari Kepala BKSDA NTT Arief Mahmud.

"Kami masih menyiapkan laporan ke Menteri LHK terlebih dulu. Akan kami hubungi kembali jika sudah tuntas, ya," ujar Dewi.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News