ilustrasi salah satu K-Pop diganduri remaja Indonesia/net
ilustrasi salah satu K-Pop diganduri remaja Indonesia/net
KOMENTAR

BAGI sebagian masyarakat dunia termasuk Indonesia dari usia remaja hingga dewasa pasti ngefans dengan film (K-drama) maupun musik (K-pop) Korea Selatan.

Popularitas Korean Wave seperti K-Pop dan Blackpink sudah tak diragukan. Banyaknya penggemar menjadikan nama besar mereka terdengar hampir di semua penjuru.  

Oleh sebab itu, platform asal AS Netflix berani berinvestasi besar untuk memproduksi film dan drama Korea mencapai US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 37,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.930 per US$).

"Sepuluh tahun yang lalu, tidak ada orang Korea yang menyangka ini bisa terjadi," kata Profesor Ilmu Politik dan Hubungan Internasional dari Korea University, Jae Hyeok Shin.  

Bergeser ke beberapa tahun silam, fenomena global Hallyu bermula dari soft diplomacy mengenalkan negara lewat musik dan film berserial pendek untuk pendekatan budaya.

Langkah ini sukses besar. Korea Selatan punya image yang relatif positif di mata warga dunia. Hebatnya, ekspor Hallyu - misalnya, dari game, musik dan serial TV - juga memiliki dampak yang luar biasa pada ekonomi Korea Selatan.

Hingga akhirnya, selama perjalanan panjang 20 tahun sebelum Korean wave berada di titik saat ini. Menurut pengamatannya, sebelum Korea, Jepang lah yang memiliki kekuatan itu hingga setidaknya tahun 1999.

Menurut Profesor Shin, pada mulanya Korea belajar dari Jepang yang sudah lebih unggul dengan J-pop mereka. Korea belajar bagaimana membuat lagu dan film seperti Jepang, termasuk juga seluk-beluk bisnis hiburan agar bisa sukses dikenal warga dunia.

Selain itu, lanjut Profesor Shin, Pemerintah Korea juga berani menggelontorkan dana investasi yang besar untuk mendukung pekerja kreatif agar bisa memproduksi konten hiburan yang berkualitas.

Pemerintah Korea percaya bahwa budaya pop bisa menjadi 'senjata' ampuh untuk menguntungkan sektor ekspor negara sekaligus meningkatkan diplomasi soft power mereka.

Perlahan tapi pasti, K-pop mengungguli J-pop. Lagu-lagu yang dibawakan idol Korea Selatan mulai merangkak naik ke tangga lagu global. Bahkan, beberapa musisi K-pop ternama mencatatkan rekor yang tak pernah dicapai sebelumnya.

 




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News