Konfrensi Pers Gelar Batik Nusantara 2023 di Jakarta
Konfrensi Pers Gelar Batik Nusantara 2023 di Jakarta
KOMENTAR

YAYASAN Batik Indonesia kembali mengadakan Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023 bertajuk "Batik, Bangkit!", 2 Agustus hingga 6 Agustus 2023 mendatang di Jakarta.

YBI sendiri telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda (Intangible Cultural Heritage). Oleh sebab itu, melalui GBN ini masyarakat luas akan mengetahui bila batik memiliki khas dengan segala keunikan dan identitas daerah asal sesuai dengan penetapan Indikasi Geografis (IG).

"Sebagai salah satu langkah mengenalkan batik Indonesia ke masyarakat luas," kata Ketua Panitia Acara GBN 2023 Diana Santosa, Rabu (26/7). 

Dia menuturkan, nanti di kegiatan ini akan mengundang banyak pelaku usaha di bidang batik sebagai bentuk semangat memajukan industri batik tanah air. 

"Batik tulis Complongan Indramayu sebagai ikon acara tersebut," ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, YBI sebagai yayasan non profit menegaskan peran dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan warisan budaya batik Indonesia secara nasional dan Internasional. 

"Keindahan motif dan kualitas batik menjadi representasi seni dan keahlian budaya yang turun temurun di wilayah Indramayu," terangnya. 

Acara GBN 2023 terbuka untuk umum, serta akan menampilkan lebih dari 250 booth UMKM batik Indonesia dan kuliner nusantara. 

"Selain itu  acara ini juga menyuguhkan berbagai kegiatan menarik lainya seperti talkshow seputar batik, kompetisi batik, sesi hight tea dan fashion show dari 6 designer ternama tanah air," tutupnya.

 

 




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News