Menteri PPPA Bintang Puspayoga saat menerima anugerah KPAI 2023, Kamis (20/7) kemarin/Net
Menteri PPPA Bintang Puspayoga saat menerima anugerah KPAI 2023, Kamis (20/7) kemarin/Net
KOMENTAR

MINGGU (24/7), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) akan menggelar acara puncak peringatan Hari Anak Nasional. Namun, beberapa hari sebelumnya, KemenPPPA menerima penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam komitmennya menjaga dan melindungi anak-anak Indonesia.

Ketua KPAI Ai Maryati mengatakan, KPAI memberikan penghargaan kepada seluruh peran-peran, komitmen, baik melalui regulasi, program yang berkesinambungan yang menunjukkan praktik baik, serta inovasi tiada henti di tingkat kementerian/lembaga, kabupaten maupun kota, serta KPAD sebagai lembaga pengawasan di daerah.

Penilaian dilakukan mulai dari aspek regulasi, kebijakan, program, anggaran, sumber daya manusia, hingga aspek layanan kasus perlindungan anak Indonesia.

Sementara itu, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, sangat mengapresiasi Anugerah KPAI 2023 yang diberikan kepada kementeriannya. Ia berharap, penganugerahan ini bisa menjadi motivasi bagi kementerian dan lembaga, serta daerah lainnya, untuk peduli dalam melindungi anak dan sadar bahwa perlindungan itu penting dalam pemenuhan hak anak.

Momentum ini, menurut Bintang, dapat meningkatkan komitmen semua pihak untuk terus memperkuat kerja sama, sinergi, dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka memastikan perlindungan anak Indonesia.

“Investasi bagi suatu negara yang paling berharga adalah sumber daya manusia. Maka, penting bagi pemerintah, lembaga, dunia usaha, masyarakat, tokoh dan lembaga adat, serta media untuk bergotong royong, bersinergi, bergerak bersama, dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Memang, masalah ini masih menjadi pekerjaan rumah. Inilah yang harus kita lakukan bersama, melalui kebijakan, program, dan penganggaran yang ramah anak,” tutur Bintang.

Event ini merupakan acara tahunan KPAI yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Anak Nasional. Ajang ini memberikan apresiasi kepada berbagai stakeholder, mulai dari pemerintah pusat/daerah, lembaga masyarakat, tokoh perorangan, hingga instansi penegak hukum terkait upaya-upaya perlindungan anak. Penghargaan diberikan untuk kerja-kerja konkret dan berdampai terhadap perlindungan anak.

“KPAI telah menyusun inovasi dengan membangun pengawasan atau monitoring laporan perlindungan anak berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan Perlindungan Anak (SIMEP PA). Sistem ini menjadi salah satu indikator dan kategori penganugerahan,” ucap Ai.




Bertentangan dengan Kesepakatan Internasional, Amerika Serikat Halangi Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Sebelumnya

Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News