ilustrasi kecanggihan robot masa depan/net
ilustrasi kecanggihan robot masa depan/net
KOMENTAR

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo untuk  mewujudkan visi Indonesia Maju di bidang teknologi digital dan komunikasi. 

Salah satunya menjalankan program dan kebijakan strategis di bidang teknologi digital dan komunikasi.  

"Ekosistem teknologi digital terus berkembang seperti hadirnya Internet of Things (IoT), cloud computing, blockchain hingga artificial intelligence atau kecerdasan buatan serta data science," kata Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dilaman resmi Kominfo, Selasa (18/7). 

Dia mengatakan, pemerintah akan mempersiapkan  kepada generasi muda untuk menguasai teknologi digital terbaru yang berasal dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).  

“Jadi bagaimana tantangan kita bangsa ini ke depan adalah soal data science, karena cikal bakal AI itu adalah di kemampuan anak bangsa untuk menjadi data science kedepan karena apps mungkin akan tergeser oleh data,” tegasnya.

Negara maju seperti Amerika Serikat dan China, menurut dia, telah menyiapkan ekosistem sumberdaya manusia di bidang teknologi digital. Dirinya berharap generasi muda Indonesia bukan lagi penonton, tetapi ikut membuat teknologi tersebut.  

“Walaupun sekarang ini tetap saja teknologinya soal lain-lain masih dikuasai oleh Amazon, Web Service dan Google. Ini juga kita perlu tantangan sebagai anak bangsa,” ungkapnya.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News