ilustrasi lidah berbulu/ net
ilustrasi lidah berbulu/ net
KOMENTAR

Kebiasaan merokok dan sering konsumsi obat antibiotik menyebabkan lidah pria asal Ohio, Amerika Serikat tiba-tiba menjadi hijau dan berbulu. 

Pria yang datang ke dokter untuk diperiksa penyebab lidahnya jadi hijau dan berbulu, di lansir dari New York Post menyebutkan pria 64 tahun itu terkena hairy tongue atau lidah berbulu.

Dijelaskan di laman itu, kondisi ini terjadi saat lapisan abnormal sel kulit terbentuk di lidah dan membuatnya berubah warna akibat penumpukan bakteri.

"Lidah berbulu mungkin akan tampak [berwarna] cokelat, putih, hijau, atau merah muda, tergantung pada penyebab spesifik dan faktor lainnya, seperti obat kumur atau permen," tulis sebuah studi dalam New England Journal of Medicine, dilansir Rabu (12/7). 

Dalam studi tersebut, dijelaskan panjang bulu atau rambut yang tumbuh di permukaan lidah bisa mencapai 1 inci jika tidak dicukur secara teratur. Umumnya menyerang orang dewasa di atas usia 40 tahun dan lebih sering terjadi pada pria. 

Sementara itu, bagi sebagian orang yang sering konsumsi antibiotik bakal mengalami keseimbangan mikroba mulut dengan mengubah jumlah dan jenis bakteri. Akibatnya, bakteri menumpuk di dalam mulut.

Kondisi lidah berbulu umumnya hanya bersifat sementara dan tidak berbahaya. Biasanya, kondisi ini juga disertai dengan sensasi terbakar di lidah.




Banjir Bandang Lahar Dingin Terjang Sejumlah Wilayah Sekitar Gunung Marapi Sumbar, BNPB: Masyarakat Harus Waspada Bahaya Susulan

Sebelumnya

Jemaah Haji Tak Boleh Melepas Gelang dan Kalung Identitas Selama di Tanah Suci, Ini Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News