Linda Soedibyo kembali menonjolkan keindahan wastra nusantara dalam bentuk ready to wear di LIMOFF 2023/Ist
Linda Soedibyo kembali menonjolkan keindahan wastra nusantara dalam bentuk ready to wear di LIMOFF 2023/Ist
KOMENTAR

KAIN wastra Indonesia ternyata begitu indah. Salah satu keindahannya coba ditampilkan oleh Linda Soedibyo dan Jan Ayu di gelaran Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) 2023.

Pada hari ketiga LIMOFF yang digelar di Hotel Merumatta, Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara timur, Linda memperkenalkan koleksi Sameera, sebuah karya fesyen yang terinspirasi dari pesona kecantikan gadis dalam lukisan legendaris Girl with a Pearl Earring, karya seorang seniman Belanda, Vermeer (1665), juga keindahan bentuk ulva lactuca-flora, jenis rumput laut yang tumbuh di kedalaman laut nusantara.

Karya busana dalam koleksi Sameera menampilkan keindahan grafis kain tradisional Rangrang Bali dan Jan Tapis Lampung dipadukan dengan warna-warni alam (earth tone) dengan mengeksplorasi keunikan teknik lapisan (layering) serta aksen ‘curly’ berupa balutan kain raffle multi fungsi dan bisa dikenakan sebagai styling busana. 

Tidak lupa aksen bagian kepala yang terinspirasi dari penutup kepala tradisional perempuan negeri Kincir Angin Belanda dan tutup kepala rajut, menghadirkan kesan anggun, klasik, unik, sekaligus otentik.

Jan Ayu sendiri adalah brand fashion asal Metro Lampung yang dikenal dengan karya inovatif dalam mengeksplorasi kecantikan wastra nusantara dan khazanah tradisi lokal menjadi busana bernuansa moderen, etnik dan unik.

Persembahan Sameera dalam LIMOFF 2023 ini melengkapi catatan proses kreatif Jan Ayu di berbagai gelar karya fesyen dan pameran nasional serta internasional antara lain: Say Waway (Lampung, 2022, 2023), Lampung Fashion Show, Begawi Festival (Lampung, tahun), Jakarta Fashion Week, ISEF (2022, 2023), dan Modest Fashion Exhibition (Turki, tahun 2022).

Melengkapi karya rancangan busana Sameera dengan hiasan mutiara cantik karya perajin lokal Mutiara Lombok Waidah, merupakan wujud komitmen Jan Ayu untuk kemitraan dalam berkarya dan kemajuan bersama pegiat ekonomi kreatif di Indonesia.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Mouna by Falasifa, Modest Wear Sporty-Casual yang Lahir dari Kedalaman Spiritual

Berikutnya

KOMENTAR ANDA