ilustrasi sikat gigi/ net
ilustrasi sikat gigi/ net
KOMENTAR

Menyikat gigi sebelum tidur dapat menjauhi kita dari penyakit kardiovaskular atau gangguan pada bagian jantung dan pembuluh darah.  Sementara bagi mereka yang tidak menyikat gigi sebelum tidur lebih memungkinkan terkena penyakit jantung. 

Hal ini berdasar pada hasil penelitian jurnal Nature's Scientific Reports yang dilansir Huffington Post, Sabtu (8/7). 

Di laman itu disebutkan peneliti yang meneliti 1.675 pasien yang mengunjungi Osaka University Hospital di Jepang antara bulan April 2013-Maret 2016 (tiga tahun) menemukan bahwa pasien yang hanya menyikat gigi di pagi hari dan mereka yang tidak menyikat gigi sama sekali memiliki kondisi yang lebih buruk daripada mereka yang menyikat gigi di malam hari.

Pada penelitian tersebut dibagi menjadi empat kelompok atas pasien berusia 20 tahun ke atas berdasarkan kebiasaan kebersihan mulut mereka.

Pembagian ini berdasarkan kepada kebiasaan pasien yang melakukan kebiasaan menyikat gigi dalam satu hari. 

"Kelompok yang menyikat gigi dua kali sehari (satu kali setelah bangun tidur dan satu kali sebelum tidur), kelompok yang hanya menyikat gigi di pagi hari, kelompok yang hanya menyikat gigi di malam hari, dan kelompok yang tidak mempraktikkan kebersihan mulut sama sekali," tulis di laman itu. 

Atas pembagian kelompok itu, hasilnya studi yang diterbitkan dalam menunjukkan non-perokok yang hanya menyikat gigi di pagi hari, serta mereka yang tidak menyikat gigi sama sekali, memiliki prognosis terburuk ketika dirawat di rumah sakit karena masalah kesehatan kardiovaskular.

Dari penelian tersebut diungkapkan bahwa untuk mencegah penyakit kardiovaskular, menyikat gigi sebelum sarapan sangat penting, tetapi para peneliti menyatakan bahwa hal yang paling penting adalah menyikat gigi di malam hari sebelum tidur.

"Bakteri yang tertinggal di dalam mulut kemungkinan besar menjadi penyebab peradangan di seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit kardiovaskular," tutupnya.

 

 




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health