Indonesia mendapatkan fasilitas tambahan berupa 15 mobil golf untuk memudahkan jemaah haji di Mina/Net
Indonesia mendapatkan fasilitas tambahan berupa 15 mobil golf untuk memudahkan jemaah haji di Mina/Net
KOMENTAR

PEMERINTAH Indonesia lewat Kementerian Agama (Kemenag), terus memerhatikan fasilitas yang menunjang kemudahan para jemaah haji jelang puncak ibadah haji. Peninjauan dilakukan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang datang ke Arab Saudi untuk mengikuti Muktamar Perhajian.

Dalam kesempatan itu, Menag meminta tambahan fasilitas untuk mempermudah pergerakan jemaah dari tenda Mina hingga titik terdekat jamarat yang bisa diantar dengan mobil. Hasilnya, jemaah Indonesia mendapatkan fasilitas berupa mobil golf untuk membantu pergerakan.

“Alhamdulillah, untuk Jemaah kita yang maktabnyan anti di Mina relatif jauh, kita mendapatkan tambahan fasilitas mobil golf untuk membantu mereka sampai titik terdekat dengan jamarat. Ini sangat membantu and kita terus berupaya agar jumlahnya terus ditambah,” kata Menag di Jeddah, Selasa (20/6).

Permohonan tersebut, jelas Yaqut, berdasarkan evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu. Menurut dia, seiring jarak tempuh yang cukup jauh dari tenda menuju jamarat, diperlukan sarana agar jemaah tidak terlalu lelah. Dan, mobil golf ini akan sangat berguna pula dalam proses evakuasi.

Masih menurut Yaqut, ada 15 mobil golf yang disediakan dan sudah ada pula ratusan kursi roda yang akan digunakan saat Armina, serta di area Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Dalam kesempatan itu, Menag juga meninjau kesiapan layanan di Arafah – Muzdalifah – Mina (Armina). Selain mobil golf, tenda jemaah haji Indonesia di Arafah juga mendapat tambahan toilet. Setiap Maktab, disiapkan toilet dengan 10 pintu. Ini akan menambah keberadaan 20 toilet yang sudah ada sebelumnya.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News