Jemaah haji diimbau untuk menggunakan payung atau penutup kepala selama beribadah di Kota Makkah, juga rutin mengonsumsi air mineral guna mencegah dehidrasi/Net
Jemaah haji diimbau untuk menggunakan payung atau penutup kepala selama beribadah di Kota Makkah, juga rutin mengonsumsi air mineral guna mencegah dehidrasi/Net
KOMENTAR

SUDAH satu minggu ini, cuaca di Makkah berkisar antara 30-45 derajat Celsius. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengimbau Jemaah untuk menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri dalam menjalankan ibadah sunnah atau program ziarah.

Tidak hanya itu, ketua kloter dan juga ketua sektor mengimbau Jemaah untuk beribadah salat zuhur dan ashar di mushalla hotel saja.

“Cuaca di Makkah sangat panas. Jemaah diimbau menjaga kesehatan, tidak memaksakan diri dalam beribadah sunnah, dan laksanakan ibadah haji sesuai kemampuan diri. Intinya, jangan memaksakan,” kata Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid di Makkah.

Tujuan utama jemaah adalah menunaikan ibadah haji, karena itu diimbau:

  • Tetap menjaga kesehatan dan kebugara tubuh.
  • Tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunnah, ziyarah, dan kegiatan lain yang menguras tenaga.
  • Beribadah sesuai kemampuan diri, sehingga pelaksanaan ibadah haji, terutama pada masa Arafah, Muzdalifah, dan Mina dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Selain mengutamakan untuk beribadah di mushalla hotel, para jemaah juga diimbau untuk menggunakan skincare guna mencegah bahaya dari terik matahari.

Skincare sebenarnya menjadi salah satu peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum menjalankan ibadah haji. Hanya saja, peralatan perawatan kulit ini harus memenuhi syarat ihram, karena pada saat ihram tidak diperkenankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan alkohol, pewangi.

Jadi, pastikan untuk memilih skincare dengan 0% alkohol, 0% fragrance, dan juga yang sudah memiliki logo Halal.

Mengutip laman Instagram @anca.id, berikut ini beberapa skincare yang perlu dibawa oleh jemaah:

1. Basic skincare

Seperti face washmoisturizer dan sunscreen yang biasa dipakai ditambah hydrating toner/serum, serta lipbalm. Tidak perlu membawa skincare terlalu banyak, namun pilih yang water based dan mudah di-layer beberapa kali. Saat umroh, kulit lebih rentan kering dari biasanya. Pilih pula sunscreen dengan filter UVA dan UVB, minimal SPF 50. Aplikasikan ulang selesai berwudhu.

2. Bodycare

Selain basic skincare, yang juga perlu dibawa adalah bodycare seperti body lotion/body butterdeodorant, atau petroleum jelly (berbagai lipbalm dan pelembab area kulit lainnya yang sangat kering). Pilih yang tidak memiliki wewangian. Amannya, gunakan yang non alkohol dan fragrance free.

Agar tidak disita di bandara, bawalah skincare dengan ukuran travel-size, kemudian masukan dalam kantong plastik ziplock dan tutup dengan rapat.




Bertentangan dengan Kesepakatan Internasional, Amerika Serikat Halangi Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Sebelumnya

Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News