Jubir PPIH Pusat Ramadhan Harisman/ Kemenag
Jubir PPIH Pusat Ramadhan Harisman/ Kemenag
KOMENTAR

JEMAAH haji yang tergolong risti alias risiko tinggi serta para lansia memerlukan strategi untuk bisa menjalankan ibadah dengan baik yang aman bagi mereka, terutama di saat sa'i.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan jemaah risti dan lansia saat menjalankan ibadah sa'i yang disampaikan oleh Juru Bicara PPIH Pusat Ramadhan Harisman dalam keterangan pres di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (11/6/2023).

1# Dari Safa ke Marwa, jemaah harus jalan kaki kurang lebih sejauh 400 meter. Dalam perjalanan, berhentilah sejenak, istirahat, berdoa selama lebih kurang dua menit untuk menurunkan denyut nadi. Barulah kemudian berjalan lagi. Sa'i mungkin diselesaikan dalam durasi lebih lama dibandingkan jemaah lain, tapi insya Allah lebih aman.

2# Jemaah yang masih muda dan sehat bisa mendampingi jemaah risti dan lansia agar tidak tertinggal dari kelompoknya atau tetap terpantau manakala tidak bisa berjalan beriringan.

3# Bagi jemaah dengan riwayat penyakit jantung dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) disarankan menggunakan kursi roda karena rawan serangan jantung. Petugas harus memantau khusus jemaah risti dengan penyakit bawaan ini.

Per tanggal 10 Juni 2023, jumlah total jemaah haji Indonesia yang sudah berada di Arab Saudi sebanyak 118.541 orang dalam 308 kelompok terbang. Sedangkan jumlah jemaah haji yang wafat sebanyak 40 orang. Sesuai ketentuan, jemaah yang wafat akan dibadalhajikan.




Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Sebelumnya

Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News