Lakukan pola hidup CERDIK untuk menekankan mencegah pnemounia dan ISPA akibat polusi udara yang kian buruk/Ist
Lakukan pola hidup CERDIK untuk menekankan mencegah pnemounia dan ISPA akibat polusi udara yang kian buruk/Ist
KOMENTAR

MENYIKAPI kualitas udara yang kurang baik beberapa hari terakhir ini, masyarakat diminta untuk mewaspadai kenaikan kasus ISPA dan pneumonia. Masyarakat dianjutkan dapat mencegah sakit terjadinya risiko dua penyakit tersebut dengan selalu memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah (outdoor).

Untuk menjaga imunitas baik, Kementerian Kesehatan mengenalkan pola hidup sehat CERDIK dan CERIA. Beberapa di antaranya adlaah melengkapi imunisasi anak segera, mencegah komplikasi dan kematian dengan cara mendeteksi dan pengobatan dini ISPA, pneumonia, PPOK, asma dan alergi, terutama pada kelompok komorbid dan risiko tinggi, yaitu bayi, balita, ibu hamil, lansia, komorbid berat, orang dengan imunodefisiensi/status imunitas rendah.

“Kita berada pada kondisi pancaroba atau peralihan antara musim hujan dan musim kemarau. Saat ini sudah tidak jelas periode musim hujan dan kemarau, karena faktor cuaca ekstrem. Maka penting untuk menjaga imunitas tetap baik,” kata dr Ngabila Salama, MKM, praktisi kesehatan masyarakat.

Ngabila melanjutkan, kondisi pancaroba menyebabkan kelembaban meningkat dan memudahkan berbagai kuman, seperti virus dan bakteri, masuk ke dalam tubuh. Juga pada kondisi pancaroba, imunitas menurun karena stres, kecapekan, kurang tidur efek dari kemacetan, dan lainnya.

Lalu, ap aitu pola CERDIK dan CERIA yang digaungkan Kementerian Kesehatan RI?

CERDIK, adalah suatu pola hidup sehat yang sangat perlu diterapkan masyarakat. CERDIK merupakan sebuah istilah yang disingkat dari kata:

  1. Cek kesehatan secara berkala. Monitor tekanan darah, perhatikan denyut nadi, timbang berat badan, ukur tinggi badan dan lingkar perut, cek gula darah dan kolesterol.
  2. Enyahkan asap rokok.
  3. Rajin beraktivitas fisik atau berolahraga, minimal 30 menit per hari dalam 3 sampai 5 kali per minggu.
  4. Diet sehat dan seimbang. Kurangi konsumsi gula putih/coklat/merah, madu, dan sirup. Kurangi konsumsi garam tinggi dan kurangi konsumsi lemak.
  5. Istirahat cukup.
  6. Kelola stres. Lakukan relaksasi, berbicara dengan orang lain, rekreasi, aktivitas bersama keluarga, dan lainnya.

Sedangkan pola hidup CERIA adalah pola hidup yang mengambil prinsip Cerdas intelektual, emosional, dan spiritual. Kemudian, Empati dalam berkomunikasi efektif, Rajin beribadah sesuai agama dan keyakinan, Interaksi yang bermanfaat bagi kehidupan, serta Asah, asih, dan asuh tumbuh kembang dalam keluarga dan masyarakat.

Ayo, jaga kondisi kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, juga pola hidup CERDIK dan CERIA.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health