Jordan, si penderita penyakit langka Sindroma Nevus Sebasea/Net
Jordan, si penderita penyakit langka Sindroma Nevus Sebasea/Net
KOMENTAR

BAYI yang lahir disertai dengan munculnya tanda lahir di permukaan kulit, merupakan hal yang lazim. Meski jumlahnya tidak banyak,, persentasenya pun hanya sekitar 1:1000 kelahiran.

Seorang dermatologi di Klinik Lahey di Burlington, Massachusetts, Amerika Serikat, Danielle M Miller, mengatakan, tanda lahir terdiri dari dua jenis utama, yaitu yang disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah di kulit yang berlebihan dan kelebihan produksi pigmen di kulit.

Meskipun wajar, tanda lahir ini pun tidak bisa dianggap sepele. Meski tidak selalu terjadi, tanda lahir terkadang bisa berakibat fatal. Beberapa kondisi bahkan bisa meningkatkan risiko pendarahan, masalah pada system penglihatan, merujuk pada penyakit genetik tertentu, dan munculnya tumor serta kanker kulit.

Hal ini seperti yang dialami seorang perempuan di Amerika Serikat, Jordan, yang memiliki tanda lahir di area pelipis wajahnya. Sejak kecil, orang tua Jordan menganggap tanda lahir itu hal yang biasa. Hingga saat dewasa dan menikah serta memiliki anak, tiba-tiba kondisi tanda lahir itu menjadi semakin parah, bahkan sampai berbau busuk.

Jordan akhirnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Dari hasil tes tersebut, akhirnya diketahui bahwa ia mengalami penyakit yang disebut Sindroma Nevus Sebasea.

“Pada dasarnya, penyakit ini sebenarnya adalah tahi lalat yang tumbuhnya berlebihan. Ini merupakan kondisi genetik yang tidak menular, namun biasanya penderita akan mengalami penyakit lainnya, seperti penyakit saraf ataupun penglihatan,” kata dr Felix Gio, mengutip akun Instagramnya @felixgiovahart.

Beruntung, penyakit seperti ini masih bisa disembuhkan, dengan cara melakukan operasi pengangkatan tanda lahir. Tetapi dengan syarat, tanda lahir seperti tahi lalat ini jangan digaruk atau bahkan dikorek-korek. Segera bawa ke dokter spesialis kulit agar segera diketahui, apakah berbahaya atau tidak.

Jadi, jangan sembarangan ketika melihat tanda lahir seperti ini, ya. Segera konsultasikan dengan dokter untuk cara penanganan lanjutannya.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health