Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay
KOMENTAR

METODE Bradley adalah teknik persalinan yang memprioritaskan relaksasi supaya persalinan dapat berjalan dengan baik serta mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan kontraksi.

Selain itu, agar bisa melakukan metode ini, ibu hamil dan pasangan disarankan untuk mengikuti kelas khusus sebelum persalinan agar menguasai seluruh teknik.

Metode Bradley memberi pengetahuan kepada ibu hamil tentang cara menjaga kesehatan saat hamil, menghadapi persalinan, pembuatan rencana kelahiran, serta cara berkomunikasi efektif dengan tim medis, teknik pernapasan, perawatan pascapersalinan, proses menyusui bayi, sampai pelatihan pendampingan ibu saat melahirkan.

Apa saja yang harus dipersiapkan ketika melakukan metode Bradley?

1. Kepercayaan diri

Kepercayaan diri sangat penting dalam menghadapi proses persalinan. Pendamping sangat berperan dalam membangun rasa kepercayaan diri ibu hamil. Intinya, ibu hamil harus percaya dengan kemampuan tubuhnya dalam menghadapi persalinan.

2. Rasa nyaman

Pendamping perlu membuat ibu merasa nyaman selama proses persalinan. Kenyamanan itu didapat dengan memastikan hanya orang yang memang wajib hadir dalam proses persalinan dan pendamping yang berada di dalam ruang persalinan.

3. Pencahayaan yang tidak terlalu terang

Pastikan pencahayaan membuat ibu nyaman saat proses bersalin. dr. Bradley meyakini ibu yang akan melahirkan memerlukan pencahayaan yang tidak terlalu terang supaya merasa lebih nyaman.

4. Teknik pernapasan dan relaksasi

Ketika proses persalinan berlangsung, sebaiknya berfokus pada teknik pernapasan. Teknik pernapasan yang benar bisa membuat ibu lebih relaks, dan relaksasi merupakan kunci utama dari metode Bradley. Semakin ibu merasa tegang, semakin ibu merasa sakit.

Ibu hamil disarankan untuk melahirkan di rumah sakit yang menyediakan fasilitas persalinan dengan metode Bradley, atau di rumah sakit yang biasa ibu hamil kunjungi selama pemeriksaan rutin kehamilan.

Tujuannya agar ibu hamil merasa lebih tenang dan nyaman saat melakukan persalinan normal. 




Jangan Paksakan Masuk Kerja Jika Lima Hal Ini Terjadi

Sebelumnya

Flu Singapura Meradang, Masker dan Isolasi Mandiri Kembali Dikencangkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health