Kereta Banyubiru, salah satu kereta baru yang dioperasional oleh PT KAI/Detik
Kereta Banyubiru, salah satu kereta baru yang dioperasional oleh PT KAI/Detik
KOMENTAR

BERTEPATAN dengan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan lima kereta api terbaru. Peluncuran dilakukan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran KA baru ini sebagai implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta 2023, mulai hari ini.

“Gapeka merupakan peroman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta yang digambarkan dalam bentuk garis, yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta,” kata Didiek dalam keterangan resminya.

Menyambut Hari Lahir Pancasila dan sebagai permulaan, rencananya PT KAI akan memberikan promo tiket, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah kepada penumpang setia.

Berikut daftar lima kereta baru yang diluncurkan KAI per 1 Juni 2023:

  1. KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Gambir (PP).
  2. KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Solo Balapan (PP).
  3. KA Manahan relasi Solo Balapan-Gambir (PP).
  4. KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir (PP).
  5. KA Pandalungan relasi Jember-Gambir (PP).

Kelima KA baru ini dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI. Adapun diskon yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • KA Argo Merbabu Rp200.000
  • KA Banyubiru Rp30.000 (kelas eksekutif) dan Rp20.000 (kelas ekonomi)
  • KA Manahan Rp200.000
  • KA Argo Semeru Rp250.000
  • KA Pandalungan Rp300.000

Diskon ini berlaku sepanjang Juni 2023 dan untuk penumpang yang ingin menjajal kereta baru ini, diharapkan melihat jadwal di aplikasi KAI Access, laman kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Untuk sementara, KA Manahan akan beroperasi fakultatif, disesuaikan dengan permintaan pasar. Tetapi untuk KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu akan dioperasikan setiap hari.

Sementara untuk KA Pandalungan akan dioperasikan setiap Senin hingga Kamis. Sedangkan KA Banyubiru beroperasi setiap Kamis hingga Minggu.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News