Penampilan drama musikal Hayati: Panji Mencari Hakikat Cinta yang tampil di Katara Opera House, Doha, Qatar/Net
Penampilan drama musikal Hayati: Panji Mencari Hakikat Cinta yang tampil di Katara Opera House, Doha, Qatar/Net
KOMENTAR

SENI adalah suatu ekspresi perasaan manusia yang memiliki unsur keindahan di dalamnya dan diungkapkan melalui suatu media yang sifatnya nyata, baik itu dalam bentuk nada, rupa, gerak, dan syair, serta dapat dirasakan oleh panca indera manusia.

Salah satu bentuk seni adalah drama musikal, yang menggabungkan lagu, dialog ucapan, akting, dan tarian. Seperti halnya kesenian yang lain, lewat drama musikal kisah hidup manusia ditampilkan lewat sisi yang lebih menyenangkan.

Adalah Hayati: Panji Mencari Hakikat Cinta, sebuah drama musikal yang disutradarai Rama Soeprapto. Hayati diangkat dari kisah Panji pada masa Majapahit, yang juga disebut dalam kitab Wedhatama karya Mangkunegara IV (1809).

Drama musikal ini akan menjadi bagian dari program Qatar-Indonesia 2023 Year of Culture, yang telah berlangsung sejak April lalu. Pertunjukan musikal dari cerita rakyat Indonesia ini akan digelar di Katara Opera House, Doha, Qatar, pada 23-24 Mei 2023.

Menurut Rama, hayati adalah sebuah pohon yang menggambarkan gunungan yang selalu dipakai dalam semua pembukaan pagelaran-pagelaran wayang.

“Hayam Wuruk pemain topeng Panji di saat itu, jadi inspirasi saya. Dan lebih dalam lagi, hayati adalah sebuah payung yang saya pakai di sini, di mana ceritanya tentang Panji dan Sekartaji. Jadi, temanya adalah Panji Mencari Hakikat Cinta, tapi cinta itu sendiri adalah kehidupan,” jelas Rama, mengutip Detik.

Lebih lanjut dijelaskannya, kehidupan yang sebenarnya ada dalam diri manusia banyak sekali yang bisa ditransformasikan ke dalam sebuah cerita Panji.

“Kita punya pemeran sekitar 15 orang, termasuk lima pemusik. Kita menggabungkan antara Jawa, Bali, sedikit nuansa pakarena juga ada. Dan saya melihat, bahwa instrument atau alat musik se-Indonesia yang kita pakai, dari saluang, gender, dari gamelan Jawa dan Bali,” katanya.

Rama berharap, hayati dapat menjadi duta budaya Indonesia ke panggung dunia, karena banyak yang membicarakan tentang pencarian jati diri.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan menjelaskan, meski warga Indonesia di sana tidak sebanyak Filipina, namun Indonesia terpilih karena kekayaan dan kekhasannya.

Diketahui, saat ini ada sekitar 22ribu warga negara Indonesia menetap di Qatar.

Qatar sendiri meluncurkan program Year of Culture sejak 2011. Ada banyak negara yang antre menjadi partner country. Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung.

Semoga Hayati: Panji Mencari Hakikat Cinta sukses terselenggara dan kesenian serta budaya Indonesia semakin dikenal mancanegara.




Bryan Domani dan Dian Sastrowardoyo Ditunjuk sebagai Duta FFI 2024, Kolaborasi Lintas Generasi yang Inspiratif untuk Merandai Cakrawala Sinema Indonesia

Sebelumnya

Kim Ji Won Gelar Fan Meeting Perdana di Jakarta, 2000 Tiket “Be My One” Diprediksi Bakal Segera Sold Out

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment