Raja Charles III dan Ratu Camila menyapa warga Inggris saat penobatannya menjadi Raja Inggris, 6 Mei 2023/Net
Raja Charles III dan Ratu Camila menyapa warga Inggris saat penobatannya menjadi Raja Inggris, 6 Mei 2023/Net
KOMENTAR

UPACARA penobatan Raja Charles III menyita perhatian publik dan menjadi pembicaraan khalayak ramai. Tidak hanya karena kemeriahannya, tetapi juga terkait jari-jari tangan Raja Charles yang dibilang mirip sosis.

Diketahui, Raja Charles III memang sedang mengalami sakit. Diketahui ia menderita penyakit daktilitis. Itulah yang menjadi penyebab jari-jari tangannya membengkak.

“Seringkali jari bengkak adalah gejala retensi air yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan. Jari-jari sosis secara resmi dikenal sebagai daktilitis,” begitu dijelaskan Direktur Medis di Pall Mall Medical, Manchester, GP Chun Tang, mengutip Daily Mail.

Daktilitis sendiri adalah istilah medis untuk pembengkakan parah yang memengaruhi jari tangan atau kaki. Memang banyak yang menyebutnya ‘jari sosis’, karena bentunya bulat dan menggelembung.

Cleveland Clinic menjelaskan, sebagian besar peradangan ini biasanya hanya terjadi pada area tertentu, terkonsentrasi pada satu titik yang cedera atau rusak, seperti lecet di kaki jika tulang kering terbentur meja.

Tapi daktilitis berbeda. Seluruh jari tangan atau kaki akan bengkak dan bisa menyebabkan gejala lain seperti rasa nyeri, perasaan hangat atau panas, perubahan warna, hingga kesulitan menggerakkan bahkan menekuk jari seperti biasanya.

Penyebab umum dari jari sosis ini adalah:

  • Penyakit sel sabit yang disebabkan oleh kelainan genetik dan memengaruhi sel darah merah. Daktilitis menjadi gejala khas penderita penyakit sel sabit, terutama pada anak-anak usia 6 bulan atau 4 tahun.
  • Tuberkulosis. Daktilitis bisa menjadi komplikasi dari penyakit TB, tapi hal ini sangat jarang terjadi. Komplikasi ini lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi bisa saja diderita oleh orang dewasa.
  • Sarkoidosis. Meski sangat jarang terjadi, tetapi penyakit ini bisa memengaruhi tulang dan otot tangan dan menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan.
  • Infeksi. Beberapa infeksi dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan jauh di bawah kulit atau bahkan di dalam tulang. Pembengkakan ini dapat menyebabkan gejala daktilitis. Umumnya disebabkan oleh infeksi kulit seperti streptococcus atau staphylococcus.
  • Sifilis. Merupakan infeksi menular seksual. Dalam kasus yang jarang terjadi, bayi yang lahir dengan sifilis kongenital dapat mengalami daktilitis pada jari tangan atau kaki. Hal ini disebabkan oleh peradangan pada tulang dan jaringan.

Itulah penjelasan mengapa jari-jari tangan Raja Charles III seperti sosis. Tapi untuk penyebabnya, belum diketahui. Semoga segera membaik, ya.




Benarkah Cuaca Panas Ekstrem Berbahaya Bagi Penderita Diabetes?

Sebelumnya

5 Manfaat Spesifik Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health