Ilustrasi rempah untuk ratus/Net
Ilustrasi rempah untuk ratus/Net
KOMENTAR

SAHABAT Farah pasti pernah mendengar istilah “Ratus” ketika pergi ke salon kecantikan atau spa, bukan? Di tempat-tempat kecantikan ini, ratus menjadi salah satu treatment yang umum dilakukan oleh sejumlah perempuan. 

Ratus adalah salah satu jenis perawatan tradisional pada organ intim kewanitaan. Caranya adalah dengan penguapan atau pengasapan organ intim. Asap dari pembakaran ratus tersebutlah yang dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kewanitaan.

Secara tradisional, ratus diklaim dapat menyehatkan alat vital perempuan, membersihkan keputihan, merapatkan, dan menambah kepuasan seksual saat berhubungan intim dengan pasangan.

Namun, manfaat ratus di dunia kedokteran modern masih kontroversial. Hingga saat ini, efek dan manfaatnya bagi kesehatan organ kewanitaan belum terbukti secara klinis.

Perihal ini, Dokter Spesialis Kandungan Boyke menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan wanita yang secara teratur setelah menstruasi melakukan ratus (VG Spa) memang jarang mengalami keputihan, dan imunitas darah di miss V menjadi lebih baik. 

“Ratus itu boleh, karena isinya ada kayumanis, kunyit, yang semua bahan-bahan itu sudah dibuktikan mengandung antiseptik dan peningkat imunitas,” kata Dokter Boyke mengutip unggahan akun TikTok @sobatsehati.

Namun yang perlu digarisbawahi, ujar Dokter Boyke, jangan melakukannya di sembarang tempat, terutama salon yang tidak jelas penanggungjawabnya. Sebab, tidak diketahui secara pasti bahan atau rempah yang dipakai.

Manfaat ratus Miss V

Ratus diklaim dapat melebarkan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, menyediakan asupan oksigen, serta mengendurkan otot dasar panggul. Sementara bagi miss V, ratus bermanfaat bagi kesehatan organ reproduksi, seperti:

1. Detoksifikasi rahim.

2. Mempercepat pemulihan setelah melahirkan.

3. Menyeimbangkan hormon wanita.

4. Meningkatkan kesuburan.

5. Meredakan wasir.

6. Meningkatkan energi.

7. Mengurangi sakit kepala.

8. Meredakan nyeri, termasuk kram menstruasi.

9. Meredakan stres atau depresi.

10. Mengencangkan, membersihkan, dan menyehatkan vagina.

11. Menyeimbangkan bakteri di vagina.

12. Menenangkan dan melembapkan area miss v.

14. Meningkatkan kenikmatan berhubungan seksual.

Nah Sahabat Farah, itulah beberapa macam manfaat ratus yang perlu diketahui. Ingat, lakukan di tempat yang benar-benar terpercaya, ya!




Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Sebelumnya

Mitos Micin Bikin Bodoh, Ahli: Tidak Ada Kaitannya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health