Ilustrasi penumpang masuk pesawat terbang/Net
Ilustrasi penumpang masuk pesawat terbang/Net
KOMENTAR

MODA transportasi udara, pesawat terbang, menjadi salah satu yang favorit di masa mudik Lebaran. Tahu tidak, ada etika menaiki pesawat terbang, yaitu larangan penggunaan dua jenis alas kaki.

Mengutip The Sun, pramugari American Airlines Andrea Fishbach, mengingatkan traveler terkait penggunaan alas kaki di pesawat. Menurutnya, ada dua jenis alas kaki yang tidak boleh digunakan penumpang.

“Saya benar-benar menyarankan agar penumpang tidak memakai sepatu hak tinggi atau sandal apapun, untuk tujuan keselamatan,” kata Andrea.

Alasannya, tumit yang terbuka akan berbahaya saat evakuasi darurat dilakukan. Sementara sepatu hak tinggi atau high heels, akan membuat penumpang kesulitan bergerak dalam situasi darurat.

“Siapa yang tahu, di mana dan dalam kondisi apa Anda akan mendarat. Ditambah lagi, alas kaki itu membuat penumpang susah berlari,” ujar dia.

Dijelaskannya, suhu dalam pesawat seringkali turun dan menjadi sangat dingin. Sandal jepit atau sepatu backless bukanlah pilihan yang tepat. Traveler bisa memakai sepatu kets atau apapun yang nyaman dan tertutup. Pramugari itu bahkan menyarankan agar penumpang memakai kaus kaki di dalam pesawat.

Alasan lain kenapa sandal tidak disarankan adalah toilet pesawat. Toilet pesawat tidak seperti toilet pada umumnya. Tidak ada air di sana, sehingga cairan apa pun yang ada di sana dipastikan kotor dan penuh bakteri.

“Bayangkan kakimu terciprat cairan apapun di sana, menjijikkan!” ucapnya.

Lantas, bagaimana dengan pramugari yang menggunakan sepatu hak tinggi? Ternyata, sepatu itu hanya digunakan saat melayani penumpang saja.

“Awak kabin berganti sepatu flat saat lepas landas. Sementara sepatu hak, hanya dipakai untuk menyambut penumpang di pesawat dan saat mendarat,” jelas Andrea.

Nah Sahabat Farah, itulah alasan mengapa penumpang pesawat terbang dilarang menggunakan sepatu heels dan sandal. Penggunaan heels erat kaitannya dengan evakuasi saat terjadi bencana atau kecelakaan di pesawat terbang.

Sedangkan sandal, dilarang dipakai lantaran toilet pesawat yang tidak selalu bersih.

Pada akhirnya, penumpang disarankan menggunakan alas kaki tertutup seperti sepatu kets atau memakai kaos kaki yang bisa melindungi saat terjadi perubahan suhu di dalam pesawat.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family