Pancaran sinar matahari pagi sangat menyehatkan tubuh manusia/Net
Pancaran sinar matahari pagi sangat menyehatkan tubuh manusia/Net
KOMENTAR

TIDAK ada satupun manusia yang menginginkan sakit. Ya, sakit adalah kondisi tubuh yang paling ingin dihindari. Semua orang pasti ingin selalu sehat dan tampil bugar. Namun ada kalanya tubuh mengalami gangguan kesehatan, sehingga sulit untuk mengerjakan aktivitas rutin seperti biasa.

Saat sakit berkepanjangan mendera, terkadang sara putus asa menghampiri. Alih-alih berdoa untuk kesembuhan, yang ada justru berburuk sangka kepada Sang Pencipta. Padahal, sejatinya Allah Swt sudah menyediakan dokter-dokter terbaiknya untuk menyehatkan umat-Nya.

Jika saja manusia sadar, dokter-dokter tersebut selalu siap sedia untuk menjaga kesehatan. Rasulullah Saw bersabda: “Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia adalah kesehatan dan waktu luang” (HR Al Bukhari).

Allah Swt pun berfirman: “Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepada kalian, sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kamu kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya” (Qs Al Maidah: 88)

Lalu, apakah dokter-dokter yang sudah Allah kirimkan untuk menjaga kesehatan umat-Nya?

1. Pancaran sinar matahari di pagi hari

Pancaran sinar matahari di pagi hari memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti merangsang produksi vitamin D dalam tubuh, mendukung pengobatan penyakit rakitis, vitiligo, psoriasis, lupus vulgaris, dan penyakit kuning pada bayi.

2. Air mineral

Air mineral berasal dari reservoir dan mata air alami bawah tanah. Minuman sehat ini mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, magnesium, dan natrium. Air mineral yang dikonsumsi secara rutin membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan tulang, hingga menjaga kelembaban kulit.

3. Madu

Kandungan nutrisi madu adalah vitamin, asam, mineral, dan enzim, yang berguna bagi tubuh manusia. Semua kandungan itu dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, antibodi, dan penghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor.

4. Tidak begadang

Raja dangdut Rhoma Irama mengatakan, “Jangan begadang kalau tidak ada artinya”. Ya, ada baiknya begadang tidak dilakukan jika memang tidak ada hal yang perlu dilakukan. Orang yang tidak begadang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, lebih mudah berkonsentrasi, lebih rileks, dan lebih kreatif.

5. Berjalan tiap hari

Dianjurkan untuk berjalan setiap hari minimal setengah jam saja. Berjalan kaki membantu mencegah penyakit jantung, pikun, mengurangi risiko Alzheimer, dan memperbaiki kesehatan mental serta mengurangi stres dan menjaga kadar endorphin tetap tinggi.

Lima dokter lainnya yang Allah khususkan kirim untuk menjaga kesehatan umat adalah membaca Al-Qur’an, menghirup udara yang bersih dan bebas polusi, mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat, selalu berqana’ah (ridha dengan apa yang telah Allah tetapkan), dan habbatussauda.

Kesepuluh dokter ini bisa didapat dengan mudah dan tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Allah memberikan kemudahan kepada tiap-tiap umat-Nya untuk menjaga kesehatan.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health