Shireen Sungkar bersama Teuku Wisnu dan ketiga anak mereka/Net
Shireen Sungkar bersama Teuku Wisnu dan ketiga anak mereka/Net
KOMENTAR

SETIAP Bunda pasti punya cara tersendiri untuk mengenalkan dan mengajarkan Si Kecil berpuasa. Namun yang perlu diingat, mengajarkan anak berpuasa sebaiknya dilakukan bertahap. Bisa dimulai dengan berpuasa selama 3-4 jam, dan ketika anak sudah beradaptasi, bisa diperpanjang durasi berpuasanya.

Atau, ada juga Bunda yang memberikan anak makan dan minum pada siang hari, kemudian melanjutkan kembali puasa hingga waktu berbuka. Cara ini disebut juga dengan puasa setengah hari.

Macam-macam cara membuat anak kenal dengan ibadah wajib Muslimin ini dilakukan pula oleh pasangan selebriti Shireen Sungkat dan Teuku Wisnu. Buat Shireen, tidak perlu memaksa anak untuk ikut berpuasa, namun awali dengan mengenalkan bahwa puasa itu sangat indah.

“Anak-anak sebenarnya belum wajib berpuasa, jadi cara mengenalkannya harus pelan-pelan dan jangan dipaksa. Jadi aku sih, sepengalaman aku, aku bikin rutinitas yang beda dengan bulan lainnya, yang bikin mereka kangen sama bulan Ramadan,” kata Shireen.

“Lebih diperkenalkan kayak bukan sesuatu yang harus ini itu. Tapi lebih sesuai sama umurnya saja. Dikasih tahu kenapa berpuasa, kasih tahu yang senangnya. Misal ‘Masya Allah loh, Allah itu baik banget. Kita harus bersyukur’ dan sebagainya. Jadi anak lebih senang. Bukan sesuatu yang kayak ‘Nanti kalau nggak puasa nanti kena ini loh’ gitu. Dibawa senang suasananya,” imbuhnya.

Cara yang paling sering dan dianggap sangat pas untuk mengenalkan puasa adalah momen menjelang buka puasa.

“Aku suka banget bikin sesuatu sama anak-anak sebenarnya. Karena itu kayak momen yang nggak keulang ketika mereka sudah besar, dan itu mereka happy banget dari tahun ke tahun, walau adiknya belum mulai puasa,” ucap dia.

Tidak hanya itu, meskipun anak-anaknya belum berpuasa, Shireen tetap rajin dan rutin membangunkannya untuk ikut sahur bersama-sama.

“Walaupun mereka belum ikut puasa, tapi sahur aku tetap ikut bangunin. Supaya mereka sama sahur itu bukan sesuatu yang malas tapi fun gitu. Makanya ya harus didukung dengan masak makanan yang menarik juga. Jadi bikin sesuatu yang spesial mulai dari suasana rumah sampai makanannya,” cerita ibu tiga anak ini.

Kalau Bunda sendiri, bagaimana nih cara mengenalkan dan membiasakan anak berpuasa?




Dari Shandy Aulia hingga Ashanti Tertahan di Dubai Imbas Banjir

Sebelumnya

Kisah Chicco Jerikho Didiagnosis Sepsis Hingga Harus Memakai Alat Pacu Jantung

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Entertainment