Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MENJAGA kulit tetap sehat dan terhidrasi selama berpuasa, bukanlah hal yang sulit. Kulit yang terhidrasi akan terasa lebih kenyal, sehingga membuat garis-garis halus dan kerutan di wajah memudar.

Selain itu, kulit yang terhidrasi akan tampak lebih segar dan bebas kusam. Juga, mengontrol produksi minyak akan tidak berlebih, khususnya bagi pemilik kulit berminyak. Dan, jerawat akan lebih jarang muncul karena berkurangnya produksi minyak di wajah.

Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60 persen air dan setiap sistem bergantung pada air, termasuk kulit. Ketika asupan cairan berkurang, tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh. Dan, itu bisa saja terjadi saat puasa.

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, ada 7 cara tepat yang Sahabat Farah bisa lakukan, yaitu:

1. Banyak minum

Saat berbuka ataupun sahur, usahakan perbanyak minum air putih. Air putih terbukti sangat efektif untuk menghidrasi kulit. Selain itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung air, seperti sup dan juga buah-buahan kaya air.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah mengandung vitamin A, B, dan C

Vitamin-vitamin ini adalah pembangkit tenaga secara alami dan baik dalam perawatan kulit, serta ampuh memudarkan bintik-bintik gelap dan mencerahkan kulit.

3. Jauhi soda dan minuman berkafein

Kedua jenis minuman tersebut dapat menyerap mineral dalam tubuh dan menimbulkan efek negatif pada kulit. Mengonsumsi soda dan minuman berkafein akan sangat cepat membuat Sahabat Farah merasa haus.

4. Kurangi produk hewani

Seperti telur dan susu yang menyebabkan kulit cepat kering dan menimbulkan jerawat.

5. Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari saat kamu sedang berpuasa, ternyata lebih berbahaya dari sebelumnya, karena kulit akan lebih cepat kering dan mengalami dehidrasi. Jadi, ada baiknya Sahabat Farah menggunakan tabir surya ketika hendak beraktivitas di luar rumah.

6. Gunakan pelembab

Selain tabir surya, Sahabat Farah juga perlu menggunakan pelembab. Setelah selesai mengambil air wudhu dan salat, adalah waktu tepat untuk menggunakan pelembab.

7. Rawat mata

Berikan sedikit perhatian pada mata dengan meletakkan kantong the di atas mata dan pastikan untui tidur 8 jam setiap malam. Cara ini akan merawat kulit selama bulan Ramadan dan membuatnya sehat serta tetap glowing.

Nah Sahabat Farah, mudah bukan. Yuk, miliki kulit yang sehat, glowing, dan terhidrasi dengan baik. Caranya, lakukan 7 langkah di atas, ya!




Yuk, Makan Buah Salak

Sebelumnya

Apa Penyebab Jantung Berdebar Tiba-Tiba?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health