Ilustrasi bahagia menikmati alam/Net
Ilustrasi bahagia menikmati alam/Net
KOMENTAR

BAHAGIA merupakan suatu perasaan yang didambakan setiap orang dalam hidupnya. Jika kita bisa menjalani hidup dengan bahagia, sangat diyakini kehidupan pun akan menyenangkan dan lebih bermakna.

Namun, bagaimana cara membuat diri lebih bahagia?

Adalah Finlandia, yang menduduki peringkat pertama sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia, menurut World Happiness Report. Negara tersebut disebut paling bahagia dilihat dari kontribusi warga pada dukungan sosial, harapan hidup, kemurahan hati, hingga tidak adanya kasus korupsi.

Lalu, apa yang membuat masyarakat Finlandia hidup bahagia? Ini tips hidup bahagia ala Finlandia:

1. Tidak pernah membandingkan diri dengan orang lain

Ada pepatah sederhana yang biasa diucapkan masyarakat Finlandia, yaitu Kell’ onni on, se onnen katkekooon, yang artinya jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaanmu.

Orang Finlandia memegang teguh pepatah ini. Mereka menjadikannya sebagai prinsip hidup. Tidak pernah sekalipun mereka membandingkan harta kekayaan dengan saudaranya, bahkan memamerkannya secara terbuka.

Memang, kunci hidup yang tenang dan bahagia adalah dengan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Fokus saja pada kebahagiaan dan menetapkan standar sendiri untuk hidup yang lebih baik.

2. Utamakan kejujuran

Sebuah eksperimen pernah dilakukan pada 2022, dengan menguji kejujuran warga. Seseorang menjatuhkan 192 dompet di 16 kota di seluruh dunia. Di Helsinki, 11 dari 12 dompet yang dengan sengaja dijatuhkan, kembali ke pemiliknya.

Ini bisa disimpulkan bahwa tingkat kejahatan di Finlandia cukup rendah. Orang-orang di sana sangat percaya dan menghargai kejujuran. Anak-anak pun bisa naik bus umum dan bermain di luar tanpa pengawasan.

Memang, semakin tinggi tingkat kejujuran di suatu negara, semakin bahagia pula warganya. Itulah yang terjadi di Finlandia.

3. Menikmati alam

Alam adalah salah satu sumber kebahagiaan. Di alam, segala bentuk kecemasan, depresi, dan stres bisa hilang. Inilah yang dilakukan warga Finlandia saat berlibur.

Survei pada 2021 mengungkap, sebanyak 87 persen orang Finlandia merasa bahwa alam penting untuk memberikan ketenangan pikiran, energi, dan relaksasi. Dan, pemerintah setempat memberi hak kepada warganya untuk berlibur dan menikmati alam. Para karyawan pun mendapat hak untuk liburan di musim panas selama 4 minggu.

Bagaimana nih Sahabat Farah, setuju dengan tips bahagia ala masyarakat Finlandia?




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family