Rakyat Turki dan Armenia saling merindukan/Net
Rakyat Turki dan Armenia saling merindukan/Net
KOMENTAR

DEMI kemanusiaan dan memudahkan pergerakan bantuan, Turki kembali membuka perbatasan dengan Armenia setalah 30 tahun memutuskan untuk menghentikan hubungan diplomasi keduanya.

Dilansir dari laman Xinhua, Minggu, (12/2/2023), lima truk berisi bantuan kemanusiaan dari Armenia telah memasuki Turki melalui Gerbang Perbatasan Alican di provinsi Igdir.

"Delegasi bantuan Armenia yang membawa 100 ton makanan, obat-obatan, dan air minum telah melewati gerbang di pagi hari menuju provinsi Adiyaman," tulis perwakilan khusus Turki untuk normalisasi Armenia, Serdar Kilic, via Twitter.

Sebelumnya, pada Selasa (7/2/2023) Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan menyampaikan belasungkawa dan dukungan kepada rakyat Turki dalam percakapan telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Armenia telah mengirim 27 petugas penyelamat ke Turki untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan korban gempa, kata kementerian urusan dalam negeri negara itu pada Rabu lalu.

Turki memutus hubungan diplomatik dan menutup perbatasan dengan Armenia pada 1993. Langkah itu dilakukan untuk mendukung Azerbaijan yang berperang dengan Armenia atas wilayah sengketa Nagorno-Karabakh. Namun pada 2022 kedua tetangga itu telah membuka kembali dialog tentang normalisasi hubungan.

Gerbang Perbatasan Alican terakhir kali digunakan saat gempa bumi tahun 1988 di Armenia. Kala itu, organisasi Bulan Sabit Merah Turki melintasi gerbang perbatasan untuk mengirim bantuan ke daerah terdampak gempa.

 




Sebuah Inspirasi Kampus UM6P Maroko Bukan Menara Gading

Sebelumnya

Bulan Separuh di Atas Marakesh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon