Cascara, teh dari kulit biji kopi/Net
Cascara, teh dari kulit biji kopi/Net
KOMENTAR

CASCARA, nama ini mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Cascara adalah kulit biji kopi yang dikeringkan di bawah sinar matahari. Dalam bahasa Spanyol, Cascara artinya adalah kulit.

Dikutip dari ottencoffee, kulit biji kopi tersebut umumnya dikonsumsi sebagai teh herbal. Bentuknya mirip dengan buah ceri kering yang sedikit besar. Karena bentuknya tersebut, Cascara juga dikenal sebagai Coffee Chery.

Di dalam industri kopi, Cascara bukanlah barang baru. Cascara dinilai sebagai solusi untuk memanfaatkan kulit biji kopi yang selama ini dibuang sebagai limbah atau kompos.

Proses pembuatan Cascara cukup mudah, setelah dipisahkan dari bijinya, Cascara hanya dikeringkan dengan cara dijemur. Lalu diseduh menyerupai teh. Hasil seduhannya memiliki cita rasa yang beragam, ada yang mirip dengan apel, peach, hingga kulit jeruk.  Cita rasa dan aroma Cascara tersebut dipengaruhi oleh varietas tanaman kopinya.

Di beberapa negara seperti Yaman dan Ethiopia, Cascara sudah dikonsumsi sejak zaman dulu. Mereka juga mencampurkan Cascara dengan rempah-rempah seperti jahe, biji pala dan kayu manis. Minuman itu diberi nama Hashara.

Meskipun berasal dari tanaman kopi, namun kadar kafein di dalam Cascara relatif cukup rendah, hanya sekitar seperempat dari biji kopinya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa 1 cangkir teh Cascara mengandung sekitar 25 miligram kafein. Kadar tersebut masih lebih rendah bila dibandingkan dengan 1 cangkir kopi yang kadar kafeinnya dapat mencapai 80 miligram.

Mengutip Alodokter, teh Cascara mengandung probiotik dan antioksidan serta polifenol yang berpengaruh sangat baik untuk kesehatan. Probiotik yang terkandung di dalam Cascara dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Antioksidan dan polifenol dalam kulit biji kopi tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh serta memelihara fungsi otak.

Meskipun teh Cascara sangat baik dikonsumsi, namun tetap harus dibatasi penggunaannya. Karena konsumsi teh Cascara yang berlebihan dapat mengakibatkan mual, muntah, diare dan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang kadar kafein di dalam Cascara juga dapat menyebabkan osteoporosis dan peningkatan albumin dalam darah.




8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Sebelumnya

Benarkah Puasa Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut pada Perempuan Berhijab?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health