Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MEMILIH keramik kamar mandi terbilang susah-susah gampang. Kesalahan pemilihan keramik pada kamar mandi selain dapat membahayakan juga dapat merusak estetika interior rumah secara keseluruhan.

Dikutip dari Mitra Ruma, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat  memilih keramik kamar mandi, yaitu :

1# Kenali bentuk dan corak keramik.
Pada saat memilih keramik, kenali bentuk dan corak keramik yang akan kita pilih. Hal tersebut dapat membantu kita bereksplorasi untuk memadupadankan bentuknya. Misalnya keramik yang bentuknya bujursangkar dipadukan dengan bentuk persegi panjang dengan pola tertentu.

Selain bentuknya, kita juga harus mengenali corak keramik. Agar ketika dipasang tidak terjadi tabrak motif yang akan mengurangi estetika kamar mandi tersebut. 

2# Bedakan Keramik Lantai dengan Dinding
Pilih keramik yang bertekstur halus untuk bagian dinding. Sedangkan untuk bagian lantai pilihlah yang kasar, agar penggunanya tidak mudah tergelincir atau terpeleset saat berada di kamar mandi.

3# Sesuaikan ukuran keramik dengan luas kamar mandi
Untuk kamar mandi yang luas,berikan ukuran keramik yang besar dan hindari keramik yang kecil. Penggunaan keramik kecil pada ruangan yang luas relatif tidak efisien, selain menyebabkan keborosan karena banyaknya bagian yang terpotong atau terbuang pada bagian pinggir kamar mandi, juga dapat menyebabkan kenaikan biaya tukang, karena waktu pemasangan keramik menjadi lebih lama. 

Namun jika kita tetap ingin menggunakan keramik yang kecil, gunakan pada sebagian tempat saja sebagai dekorasi.

4# Hindari banyak warna
Pilihlah warna yang terang seperti biru langit atau krem. Hal tersebut akan memudahkan kita mengontrol kadar kebersihan kamar mandi. Kita akan dengan mudah mengenali ketika kamar mandi tersebut sudah mulai kotor atau sudah waktunya dibersihkan. Selain mudah diperhatikan, warna yang terang akan membantu membuat kamar mandi terlihat lebih luas.

Hindari penggunaan warna yang terlalu ramai, karena akan membuat kamar mandi terlihat sumpek.

5# Pelajari cara membersihkannya
Pelajari bahan-bahan yang dapat membantu membersihkan keramik kamar mandi. Pilih bahan yang tidak merusak “nat” atau sambungan antar keramik, agar tidak terjadi lubang yang dapat membuat hewan melata seperti kelabang bersembunyi disana.




Libur Idul Fitri Menikmati Sejarah, Tradisi, dan Keindahan Tiga Destinasi di Arab Saudi

Sebelumnya

BPJS Kesehatan Tanggung Pengobatan Penyakit Kronis, Ini Daftarnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon