Ilustrasi sakit perut/Net
Ilustrasi sakit perut/Net
KOMENTAR

MENGENAL kanker usus stadium awal, jenis kanker yang satu ini sering kali tak disadari lantaran dianggap hanya penyakit pencernaan biasa. Kanker usus (bowel cancer) adalah istilah umum yang dipakai pada penyakit kanker yang dimulai pada area usus. Namanya akan jadi lebih spesifik tergantung di mana kanker tersebut tumbuh, misalnya kanker usus besar.

Dikutip dari National Health Service UK (NHS) kanker ini berkembang dari lapisan dalam usus dan didahului oleh pertumbuhan polip atau jaringan berbentuk tungkai, yang tumbuh di dalam organ tubuh. Namun, tidak berarti seseorang akan terkena kanker usus jika di dalam tubuhnya terdeteksi polip.

Beberapa polip hilang dengan sendirinya dan beberapa tidak berubah. Hanya sedikit yang tumbuh dan akhirnya berkembang menjadi kanker usus selama beberapa tahun.

Ahli bedah digestif, dr Wifanto Saditya Jeo, SpB-KBD, mengatakan, risiko terkena kanker usus banyak ditemukan pada lansia, tetapi belakangan justru menjangkiti oleh orang dengan usia produktif.

“Insidennya biasanya pada seorang berusia 50 tahun, tetapi akhir-akhir ini angka beralih ke usia muda. Ini bisa gara-gara gaya hidup,” ujar Dr dr Wifanto Saditya Jeo, SpB-KBD, mengutip Detik.com.

Sampai saat ini, penyebab kanker usus masih belum diketahui. Namun penelitian menunjukan, beberapa faktor seperti umur dan genetik dapat membuat seseorang lebih berisiko terkena kanker ini.

Ciri-ciri Kanker Usus Stadium Awal

Dikutip dari Cancer Research UK, berikut sejumlah gejala kanker usus yang mungkin dirasakan oleh pengidapnya:

  • Pendarahan dari bagian belakang (rektum) atau darah di kotoran (feses).
  • Perubahan kebiasaan buang air besar normal, seperti buang air besar jadi lebih encer, lebih sering buang air besar, atau sembelit.
  • Benjolan yang dapat dirasakan dokter Anda di bagian belakang atau perut (perut), lebih sering di sisi kanan.
  • Perasaan perlu mengejan di bagian belakang Anda (seolah-olah Anda perlu buang air besar), bahkan setelah buang air besar.
  • Kehilangan berat badan.
  • Rasa sakit di perut atau bagian belakang.
  • Kelelahan dan sesak napas yang disebabkan oleh tingkat sel darah merah yang lebih rendah dari normal (anemia).
  • Terkadang kanker bisa menyumbat usus. Kondisi Ini disebut obstruksi usus.

Gejala lain yang juga bisa dirasakan adalah nyeri kram di perut, merasa kembung, sembelit dan tidak bisa buang angin, merasa tak enak badan.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health