Tambal jalan swadaya/Net
Tambal jalan swadaya/Net
KOMENTAR

SEORANG tukang becak yang bernama Gufron (62) berupaya menambal sulam lubang di ruas jalan Kecamatan Deket menuju Karangbinangun, Lamongan, Jawa Timur. Aksi terpuji Gufron itu dilakukan karena banyaknya pengguna jalan yang mengalami kecelakaan karena kondisi jalan yang berlubang.

Pria sederhana ini melakukan aksinya dengan melakukan bahan dan peralatan seadanya yang dia miliki. Ia menggunakan bekas kerukan aspal dan martil serta solar yang diyakini dapat digunakan untuk memadatkan tambalan

Ia melakukan kegiatan tersebut seorang diri selama dua hari berturut-turut. Aksi tersebut dilandasi karena rasa khawatir akan keselamatan pengguna jalan terutama putrinya yang bekerja di kota Lamongan dan setiap hari melintasi jalan tersebut.

“Anak saya itu kan kerjanya di kota Lamongan. Nah lubang itu walaupun tidak lebar tapi kan dalam. Saya kan khawatir. Nanti kalau pulang malam, pas kebetulan anak saya yang lewat. Susah. Saya yang susah,”papar Gufron.

Sementara itu Ista’anul Jannati (19), anak Gufron merasa terkejut dengan aksi yang dilakukan ayahnya. Ia pun merasa terharu dan tidak dapat menahan air mata setelah mengetahui ayahnya rela menambal jalan berlubang agar dirinya tak celaka. 
Ia mengaku tidak pernah mengetahui bahwa sang ayah menambal jalan demi dirinya, karena selama ini ayahnya cenderung pendiam.

Mengetahui aksi yang dilakukan oleh tukang becak ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan merespon aksi heroik yang dilakukan oleh Gufron. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Lamongan Sujarwo mengatakan akan segera melakukan perbaikan jalan, terutama di wilayah Gufron menambal jalan. 

Sujarwo mengatakan bahwa saat ini sudah mulai dilakukan perbaikan jalan. Ia menegaskan akan menangani semua jalan yang rusak di ruas Deket menuju Karangbinangun.

Kegiatan menambal jalan yang dilakukan oleh Gufron juga mendapat apresiasi dari Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Ia mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang dilakukan oleh Gufron tersebut.

“Saya ucapkan banyak terima kasih atas kepedulian tersebut,”tulis Yuhronur dalam akun pribadi instagramnya @yuhronur_yes.

Ia menyampaikan akan terus berikhtiar dan menjadikan perbaikan infrastruktur jalan sebagai program prioritas. Namun ia juga meminta agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara. 




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon