Pintu masuk Ancol/Net
Pintu masuk Ancol/Net
KOMENTAR

PT PEMBANGUNAN Jaya Ancol berencana menggratiskan tiket masuk Ancol kepada pengunjung setiap satu bulan sekali. Hal ini merespon keluhan masyarakat yang merasa terbebani biaya tiket masuk Ancol, saat hendak berlibur di pantai publik.

Penggratisan tiket masuk ancol sebenarnya sudah dilakukan pihak manajemen, yaitu setiap Ulang Tahun Kota Jakarta, 22 Juni. Namun, menjawab keinginan masyarakat, Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Jaya Ancol Winarto akan terlebih dulu melakukan kajian hingga uji coba, sebelum akhirnya diterapkan secara permanen. Uji coba penggratisan tiket Ancol akan dimulai tahun ini.

Winarto mengatakan, alasan dirinya merencanakan penggratisan masuk Ancol satu bulan sekali adalah untuk melihat seberapa besar pendapatan Ancol dari pengeluaran pengunjung di luar tiket masuk.

“Nanti masih akan dikaji dan diuji coba terlebih dulu, ini untuk menghindari adanya masalah keuangan bila hari gratis ini diterapkan. Namun ke depannya, akan ada satu hari, utamanya hari libur atau hari raya, yang ditentukan sebagai tanggal penggratisan tiket masuk Ancol per bulannya,” ujar Winarto.

Mengawali tahun ini, Ancol memperpanjang jam operasional untuk kawasan taman dan pantai, hingga pukul 24.00 WIB. Hal ini demi memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk bisa lebih lama menikmati suasana Ancol di malam hari.

Gratis seperti PIK 2

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto mengatakan, sebenarnya Ancol bisa saja menggratiskan tiket pengunjung, seperti yang dilakukan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. Ancol sendiri tidak perlu khawatir soal menurunnya pendapatan.

Pendapatan, menurut Wahyu, bisa diganti dengan cara menyajikan berbagai kuliner lengkap bagi semua kalangan. Ide ini berkaca dari PIK 2 yang retailnya tidak pernah sepi, sehingga pendapatan mengalir terus.

“Program penggratisan Ancol yang akan dibuat dalam satu bulan sekali, kalau bisa dibuatkan bentuk konkretnya. Karena, dulu kita ingginya gratis dan semoga ada efek terhadap retail dan sebagainya,” kata Wahyu.

Apalagi, kini sudah ada JIS yang sangat terlihat sekali dari Ancol Timur. Itu adalah connection bridge, yang harapannya bisa diwujudkan pada 2023. JIS sudah jadi, akan banyak event dilakukan di sana, misalnya Formula E, dan di situlah attraction-nya.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News