Nirwana Selle sering mengunggah aktivitasnya di pabrik lewat akun media sosial Instagram/Ig @nirwanaaa_55
Nirwana Selle sering mengunggah aktivitasnya di pabrik lewat akun media sosial Instagram/Ig @nirwanaaa_55
KOMENTAR

ANAK sejatinya adalah penerus dan masa depan keluarga. Tapi tidak sedikit anak yang kemudian menjadi ‘pejuang keluarga’ agar terlepas dari himpitan ekonomi. Anak yang memiliki tugas demikian sungguh tidak akan habis kisahnya, meski raga sudah terpisah dari nyawa.

Nirwana Selle, akhir tahun kemarin namanya banyak dibicarakan. Pejuang keluarga ini wafat setelah terjebak api saat dirinya bekerja sebagai operator di salah satu perusahaan tambang, PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Dia meninggal dunia tepat di Hari Ibu, 22 Desember 2022.

Seleb TikTok yang periang

Sebelum terkenal dan dikenang lantaran wafat dalam kecelakaan yang cukup tragis, nama Nirwana sudah lebih dulu terdengar di media sosial TikTok. Ia adalah pemilik akun @nisell55. Unggahannya sangat mengedukasi, yaitu mengenai keselamatan kerja terutama pentingnya penggunaan helm dan rompi.

Sering juga ia mengunggah video saat sedang mengoperasikan crane. Nirwana terlihat sangat piawai mengendalikan crane, terutama ketika mengangkat material-material yang dibutuhkan.

Terjebak dalam crane yang terbakar

Tidak ada yang menyangka, peristiwa naas itu akan terjadi. Kamis, 22 Desember 2022, sekitar pukul 04.15 WITA, terjadi kebakaran hebat pada tungku smelter PT GNI. Nirwana yang tidak sempat melarikan diri, terkurung di dalam crane bersama seorang rekannya dan hanya bisa berteriak.

Tidak berapa lama, terjadi ledakan yang kuat menyusul kobaran api yang menjalar ke seluruh area smelter PT GNI. Tidak ada jalur keluar untuk Nirwana, sementara teman-temannya yang lain masih sempat untuk menyelamatkan diri.

Fakta-fakta Nirwana Selle

Tidak banyak yang tahu, bahwa Nirwana sengaja merantau jauh dari keluarga, untuk meraup cuan yang cukup. Ia langsung pergi ke Morowali usai lulus SMK. Sambil menunggu panggilan kerja, Nirwana sempat bantu-bantu berjualan bakso.

Setelah menunggu hampir satu tahun, akhirnya ia mendapat panggilan kerja di PT GNI. Meskipun tidak punya pengalaman menjadi operator crane, Nirwana pede saja.

Tulang punggung keluarga

Nirwana, pelajar lulusan SMK Negeri 2 Pinrang, Sulawesi Selatan. Dalam unggahan di akun Instagramnya, 21 Oktober 2021, ia menulis, keadaan yang memaksa dirinya menjadi tulang punggung keluarga.

“Ketika kamu ditakdirkan menjadi tulang rusuk, tetapi keadaan memaksa kamu menjadi tulang punggung,” tulisnya di akun @nirwanaaa_55.

Pada postingan lainnya, Nirwana merekam momen saat bekerja dan menuliskan caption Baku sahabat mi deng debu nya smelter (Bersahabat dengan debunya smelter).

Unggahan itu menjadi yang terakhir dan mendapat banyak sorotan dari warganet. Ungkapan duka pun mengalir.

Selamat jalan Nirwana, kini punggung mu tak lelah lagi. Bersandarlah pada kasih-Nya yang sungguh indah.




Lawan Stereotip, Razia Mushtaq Buka Pusat Kebugaran Khusus Perempuan Pertama di Ganderbal

Sebelumnya

Hevearita Gunaryanti Rahayu Resmi Dilantik Menjadi Wali Kota Semarang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women