Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SESEORANG yang introvert seringkali sulit berkomunikasi dengan orang lain dan gugup saat harus berbicara. Mereka juga merasa lelah saat terlalu lama berinteraksi dengan orang lain.

Kondisi seperti ini seringkali menyulitkan si introvert ketika melakukan wawancara kerja. Salah-salah berkomunikasi atau gugup saat menjawab pertanyaan HRD, kesempatan kerja bisa terlewat begitu saja.

Agar si introvert bisa ‘menguasai’ wawancara kerja, coba lakukan tujuh Langkah sederhana ini:

1. Lakukan persiapan

Lakukan banyak persiapan dengan cara merefleksikan diri sesering mungkin sebelum wawancara dimulai. Persiapan ini penting, untuk mencegah gugup saat wawancara.

2. Kembangkan poin pembicaraan

Agar kamu tidak kehilangan kata-kata, coba lakukan pengembangan pembicaraan. Caranya, identifikasi sekitar tiga hingga lima poin pertanyaan yang biasa diajukan saat wawancara. Kemudian, kembangkan satu atau dua cerita untuk mendukung masing-masing tema pertanyaan tersebut.

3. Visualisasikan diri

Tutup mata dan luangkan waktu dua sampai lima menit per hari untuk membayangkan bagaimana perasaan kamu saat berhadapan dengan pewawancara. Bagaimana kamu bisa percaya diri saat menjawab pertanyaan, hingga mendapatkan posisi yang diharapkan.

4. Tunjukan cara berpikirmu

Jangan ragu-ragu untuk mengungkapkan cara berpikir kamu. Latihan-latihan yang sudah dilakukan, akan mempersiapkan diri kamu untuk lebih percaya diri. Jadi, tunjukan saja bagaimana cara kamu merespon masa depan dengan cara berpikir yang kamu miliki.

5. Latihan pernapasan

Penting dilakukan untuk menghilangkan perasaan gugup dan stres. Bisa juga kamu praktikan saat hendak menjawab pertanyaan.

6. Tunjukan kehebatan yang kamu miliki

Penting untuk mengidentifikasi kelebihan atau kehebatan diri sebagai kandidat kerja. Sampaikan dengan cara bercerita. Cara ini bisa membuat kamu diingat, saat perekrut ingin memilih kandidat terbaik.

7. Ucapkan terima kasih

Jangan lupa mengucapkan terima kasih di akhir wawancara. Ucapan sederhana ini terkadang dilupakan oleh si introvert, karena ingin buru-buru mengakhiri wawancara.

Nah, semoga tujuh Langkah sederhana ini bisa membuat kamu lebih siap menghadapi proses wawancara kerja, ya. Dan, rasa gugup, stres, bahkan panik, bisa hilang dengan latihan-latihan tersebut.

Selamat mencoba!




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family