Introverst yang kerap grogi menjelang tampil/PIxabay
Introverst yang kerap grogi menjelang tampil/PIxabay
KOMENTAR

INTROVERT adalah sebuah karakter, bukan masalah.

“Introvert dapat dikatakan sebagai kepribadian yang menggali energi dari dalam ketika mereka sendiri, dan butuh ruang untuk sendiri. Biasanya seorang berkepribadian introvert cenderung merasa exhausted (kewalahan) apabila bertemu banyak orang dengan frekuensi yang tinggi, misalnya bertemu banyak orang dari pagi hingga malam hari,” ungkap Ratna Sari Nurlita, lulusan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana kepada Farah.id.

Lalu bagaimana jika seorang introvert harus melakukan hal yang mengharuskannya bertemu banyak orang dikarenakan tuntutan profesi? Dan dia harus menggelar persentasi di depan banyak orang?

Ratna Sari Nurlita/Dok. pribadi

Berikut beberapa tips dari Ratna yang dapat diikuti para introvert untuk tidak takut berbicara di hadapan orang banyak.

1. Kuasai materi yang akan disampaikan.

2. Setelah menguasai materi dengan baik, saatnya berlatih di depan cermin (seolah-olah sedang berbicara di depan umum). Frekuensi berlatih ini sesering mungkin minimal H-3 sebelum acara

3. Ketika nanti berbicara di depan umum, fokuslah pada materi yang akan disampaikan.

4. Ketika tampil di depan umum, kenakanlah pakaian yang nyaman dan sesuai tema yang akan persentasikan.

5. Istirahat yang cukup sebelum tampil, karena seorang introvert butuh menggali energi dalam kesendiriannya. Istirahat ini amat dibutuhkan.

6. Berlatih public speaking dengan seorang coach yang kompeten di bidangnya. Para coach public speaking yang sudah kompeten di bidang mereka akan memberikan technical skills (terutama untuk para introvert agar berani berbicara di depan umum).




4 Langkah Mengatasi Toxic Marriage

Sebelumnya

Silent Treatment, Salah Satu Ciri Toxic Marriage yang Mesti Diwaspadai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family