Ilustrasi berkurangnya kemampuan hidung mencium sumber bau/Net
Ilustrasi berkurangnya kemampuan hidung mencium sumber bau/Net
KOMENTAR

LIBUR sekolah dimulai. Biasanya sejumlah tempat wisata menjadi pilihan untuk mengisi liburan. Walaupun pemerintah menyarankan untuk selalu mewaspadai Covid-19, namun sebagain besar masyarakat menganggap Corona sudah usai, sehingga protokol kesehatan terabaikan.

Karena pandemi masih ada, sejumlah ahli kesehatan menyarankan untuk mewaspadai beberapa gejala kesehatan yang mungkin dialami pasca liburan.

Dokter Anton Sony Wibowo, dosen sekaligus dokter spesialis THT di RS Akademik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengatakan, masyakarat perlu mewaspadai hiposmia, sebagai salah satu gejala infeksi Covid-19.

Hiposmia merupakan salah satu gejala penurunan kemampuan membau terhadap sesuatu. Jika bau sudah tidak tercium sama sekali, maka gejala itu disebut dengan anosmia.

“Misal, bau amis masih amis. Atau, manis masih manis, hanya saja intensitas baunya berkurang,” kata Anton.

Pasien yang mengalami hiposmia sering kali mengeluhkan benda-benda atau sumber bau yang seharusnya tercium kuat, hanya tercium samar-samar atau tidak jelas jenis baunya, meski jenis bau masih sama.

Dokter Anton meneliti, pada 2022 ini ada sekitar 50 persen pasien di poli rawat jalan yang mengalami hiposmia. Sementara di luar negeri, dilaporkan ada sekitar 60 persen pasien rawat jalan yang dilaporkan mengeluhkan penurunan kemampuan membau.

“Hiposmia merupakan gejala yang tidak hanya muncul karena infeksi Covid-19 saja. Namun, gejala ini dapat terjadi akibat infeksi hidung dan sinus, hipertrofi nasal turbinate, maupun infeksi virus lainnya, termasuk cedera pada bagian kepala,” papar dia.

Untuk pengobatannya, jelas Anton, berupa pengobatan untuk virus ditambah dengan terapi suportif seperti multivitamin tertentu. Yang terpenting, menurunya, mengobati penyakit dasarnya.

Sementara itu, meskipun angka harian kasus Covid-19 di Indonesua terus melandai, masyarakat tetap diimbau untuk menjaga protokol kesehatan. Terlebih di saat libur akhir tahun ini, banyak tempat wisata yang diserbu warga dan secara umum akan menimbulkan banyak kerumunan juga.

Masyarakat disarankan untuk tetap menjaga protokol kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak. Cuci tangan setiap kali beraktivitas dan yang terpenting lengkapi imunisasi atau vaksinasi Covid-19.




Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebelumnya

Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health