Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BAGI sebagian besar orang Indonesia, nasi adalah menu utama yang wajib ada saat makan. Bahkan ada pendapat yang familiar, “Kalau belum makan nasi, namanya bukan makan”.

Nasi yang pulen, banyak dicari. Sebabnya, makan sedikit saja, nikmatnya luar biasa. Nasi pulen juga dipilih agar walau makan sedikit, tapi mengenyangkan. Namun sayangnya, nasi pulen ini susah didapat. Bukan karena berasnya, tetapi bisa jadi salah pada cara memasaknya.

Nasi pulen ala Negeri Sakura, disebut Gahan, jenis nasi yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Ia punya tekstur yang lembut dan sedikit lengket. Di Jepang, nasi ini biasa disajikan di dalam mangkuk kecil dan makannya menggunakan sumpit.

Di Indonesia, keharuman dan kelembutan nasi pulen punya daya tarik sendiri. Nah, buat Bunda yang ingin mendapatkan nasi pulen, bisa ikuti tips berikut ini:

1. Perhatikan cara mencuci beras

The Spruce Eats menulis, beras yang akan dimasak perlu dicuci dengan air dingin hingga airnya hampir jernih. Pastikan takarannya sesyai dengan perbandingan, yaitu 1:2. Artinya, satu gelas beras perlu diberi 2 gelas air, Tapi, jika kamu menggunakan beras pera, tambahkan air sedikit lebih banyak. Kemudian, rendam beras setidaknya 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasukkan ke penanak nasi.

2. Tambahkan maizena

Ini bumbu rahasia untuk membuat nasi pulen ala Jepang, yaitu maizena. Jadi, sebelum menutup penanak nasi atau rice cooker, coba masukan 1 sendok makan tepung maizena (untuk 2 cangkir beras) dan aduk hingga larut. Takarannya jangan dilebihkan, ya, karena bisa membuat nasi jadi lembek. Atau, kamu bisa menambahkan setengah sendik teh garam atau beberapa tetes minyak kelapa/zaitun sebagai pengganti maizena. Hasilnya, beras jadi pulen dan harum.

3. Setelah matang, diamkan 10 menit

Jangan langsung membuka penutup rice cooker jika tanda nasi matang. Diamkan selama 5 sampai 10 menit, agar beras di dasar panci matang sempurna. Setelah itu, nasi perlu diaduk rata agar uapnya keluar dengan baik. Sebab, uap yang tertinggal pada rice cooker dan nasi akan membuatnya cepat basi.

Itulah tiga langkah yang bisa Bunda terapkan untuk membuat nasi pulen ala Jepang. Ingat, perhatikan betul cara mencucinya dan pastikan Bunda sudah memasukkan bumbu rahasia, yaitu maizena atau garam atau minyak kelapa/zaitun.

Pastikan pula mengaduk nasi beberapa menit setelah matang, agar uap pada nasi keluar sempurna dan tidak membuatnya cepat basi.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family