Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SELAMA sebulan, antusiasme dari para pecinta sepakbola dalam menyaksikan Piala Dunia 2022 semakin seru. Banyak orang rela begadang hingga pagi untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding. Apalagi, ajang sepakbola ini akan memasuki babak final.

Bagi kamu pecinta sepakbola, sudah harus memerhatikan kondisi tubuh. Sebab, kekurangan tidur tidak hanya mengakibatkan rasa lelah dan mengantuk sepanjang hari, namun juga dapat mengalami microsleep.

Microsleep sendiri adalah hilangnya kesadaran diri dalam waktu singkat, atau beberapa detik, yang bisa muncul secara tiba-tiba, termasuk ketika kamu sedang beraktivitas.

Kondisi tersebut dapat memicu kehilangan fokus pada otak, tidak mampu melakukan percakapan yang serius karena sulit memproses pembicaraan, mudah melupakan kejadian yang baru terjadi sesaat sebelumnya, hingga berkurangnya kontrol terhadap postur tubuh yang ditandai dengan limbung.

Microsleep ini akan sangat berbahaya apalagi ketika kamu sedang berkendara, bisa saja kamu mengalami kecelakaan. Atau ketika kamu sedang meeting di kantor, yang dapat menurunkan performa kerja.

Agar tidak demikian, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya microsleep tersebut.

Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Tidak mengapa begadang, asalkan perhatikan tubuh terhidrasi dengan baik. Untuk mencukupinya, pastikan kamu telah mengonsumi 8-10 gelas air putih dalam sehari.

Selain membuat tubuh lebih segar, kamu juga tidak mudah lelah dan fungsi otak dapat berjalan dengan baik. Berbeda jika kamu kekurangan minum, otak menjadi lemot dan tidak bisa memproses pembicaraan atau informasi dengan baik.

Hindari minum kopi terlalu banyak

Kopi pastinya menjadi teman setia menonton Piala Dunia 2022. Namun meski berperan sebagai stimulan yang berfungsi menahan ngantuk, kafein dengan jumlah banyak dapat membuatmu kesulitan tidur dan beristirahat. Kondisi tersebut hanya akan membuatmu merasa lebih mudah lelah daripada biasanya.

Siapkan camilan sehat

Sebelum begadang, sebaiknya kamu siapkan camilan sehat, seperti buah, salad, edamame rebus, smoothies, yogurt, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi camilan sehat akan memberikanmu energi yang tahan lama.

Konsumsi suplemen vitamin

Agar dapat beraktivitas dengan baik setelah begadang semalaman, kamu perlu memenuhi nutrisi tubuh, dengan mengonsumsi suplemen vitamin pada pagi hari.

Olahraga ringan

Sebelum memulai aktivitas pagi, sebaiknya kamu melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan kecil dan stretching di bawah sinar matahari dan udara sejuk pagi hari.

Demikianlah, langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah microsleep akibat banyak begadang saat menonton pertandingan Piala Dunia. Selamat mencoba!




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health