Tap kartu tol pada jalan tol fungsional tidak akan mengurangi saldo pada kartu e-tol/Net
Tap kartu tol pada jalan tol fungsional tidak akan mengurangi saldo pada kartu e-tol/Net
KOMENTAR

SEJUMLAH tol baru akan dibuka oleh pemerintah untuk dioperasikan sepanjang libur Tahun Baru 2023. Pemerintah juga berencana menggratiskannya, meskipun di beberapa ruas tol tetap harus melakukan tap kartu. Tetapi dipastikan, saldo e-tol tersebut tidak akan berkurang. Sebelum dibuka, rencananya akan dilakukan uji laik fungsi.

Adapun tol fungsional tersebut adalah Tol Bogor-Sukabumi Seksi 2, Tol Jakarta-Cikampek II (Tol Japek Selatan), dan Tol Becakayu Seksi 2A.

  • Tol Becakayu Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km. Ruas tol ini sudah diuji laik fungsi pada 23 September 2022.
  • Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km. Tol ini masih dalam penyelesaian dan progress konstruksinya sudah mencapai 99,2 persen. Laik fungsinya sudah diuji pada minggu pertama Desember 2022.
  • Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km. Main road Tol Sadang-Kutanegara siap difungsionalkan melalui jalan Kawasan industry ke Simpang Susun (SS) Karawang Timur.
  • Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km. Penyelesaiannya ditargetkan pada minggu ketiga Desember 2022.
  • Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom sepanjang 7,45 km. Ruas ini juga telah diuji laik fungsi pada Oktober 2022.
  • Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3 km.
  • Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km. Ruas ini menyisakan penyelesaian Jembatan Cibadak di dua kilometer, yang ditargetkan kelar pada 17 dan 20 Desember 2022.

Waspada berkendara di jalan tol

Jasa Marga memprediksi, puncak arus mudik terjadi pada 23 Desember dan 30 Desember. Volume lalu lintas keluar Jabotabek melalui empat gerbang tol utama diperkirakan sebanyak 2,73 juta kendaraan.

Karenanya, perlu diperhatikan hal-hal berikut saat berkendara di jalan tol:

  1. Jalan tol fungsional merupakan jalur bebas hambatan yang dapat dilalui dengan waktu tempuh yang lumayan memangkas waktu perjalanan.
  2. Jalan tol fungsional tidak akan dikenai tarif.
  3. Jalan tol fungsional belum sepenuhnya memenuhi peryaratan, namun diupayakan kesiapan perambuan dan memperhatikan kenyamanan pengguna jalan.
  4. Jika jalan tol fungsional tersebut cukup panjang, akan disiapkan rest area untuk pengisian BBM, bengkel, dan pos polisi.
  5. Jalan tol fungsional dibukan pada jam-jam tertentu saja.
  6. Batasi kecepatan tempuh hanya 40 km/jam sampai 50 km/jam.
  7. Tetap jaga jarak aman.

Tol gratis ini disiapkan untuk mengantisipasi membludaknya pengguna jalan tol sepanjang libur tahun baru 2023.




Banjir Bandang Lahar Dingin Terjang Sejumlah Wilayah Sekitar Gunung Marapi Sumbar, BNPB: Masyarakat Harus Waspada Bahaya Susulan

Sebelumnya

Jemaah Haji Tak Boleh Melepas Gelang dan Kalung Identitas Selama di Tanah Suci, Ini Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News