KOMENTAR

PISAU merupakan salah satu alat kebutuhan dapur yang sangat penting. Namun tahukah kita bahwa ada beragam jenis pisau dengan beragam fungsi, yang masing-masing akan membantu kita makin terampil memasak.

Berikut ini ragam jenis pisau dan kegunaannya.

1# Chef’s Knife

Pisau ini adalah pisau serbaguna yang digunakan untuk memotong apa saja. Ukurannya sedang, tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil, sekitar 20-30 sentimeter. Umumnya pisau ini digunakan untuk memotong buah dan sayuran. Pisau ini tidak dapat digunakan untuk memotong tulang.

2# Slicing Knife

Bentuknya mirip pisau serbaguna, ramping dan panjang. Umumnya pisau ini digunakan untuk mengiris daging  atau ikan dengan ukuran yang lebih tipis. Pisau ini juga dapat digunakan untuk mengiris sayuran atau buah.

3# Bonning Knife

Pisau ini digunakan untuk memudahkan kita melepaskan daging dari tulang. Bentuknya panjang dan ramping serta melengkung kecil di bagian ujungnya.

4# Mincing Knife

Pisau ini berbentuk melengkung dengan memiliki dua buah gagang. Fungsinya untuk mencincang bahan makanan. Cara menggunakanya adalah dengan menggerakkan kedua gagang pisau ke kiri dan ke kanan sampai bahan makanan terpotong-potong menjadi halus.

5# Cleaver Knife

Pisau ini digunakan banyak tukang daging di pasar. Bentuknya kotak dan berukuran besar. Pisau ini digunakan untuk memotong berbagai jenis tulang. Pisau ini juga dikenal dengan nama Chinese knife  karena sering digunakan oleh para juru masak dari China.

6# Paring Knife

Ukuran pisau ini relatif lebih kecil dari Chef’s knife dengan panjang sekitar 10-17 sentimeter. Pisau ini digunakan untuk mengupas buah, sayuran, serta memisahkan kulit udang.

7# Bread Knife

Sesuai dengan namanya, pisau ini digunakan untuk memotong roti. Mata pisau ini memiliki tekstur bergerigi kecil yang berfungsi menjaga bentuk roti agar tidak hancur. Pisau ini memiliki dua jenis gagang yang disebut klasik dan offset.

8# Dessert Knife

Pisau dessert didesain dengan mata pisau yang tidak terlalu tajam. Pisau ini digunakan untuk memotong makanan penutup seperti bolu dan cake.

9# Fluting Knife

Pisau ini mirip dengan paring knife. Ukurannya sekitar 5-10 sentimeter dan sangat tajam. Fungsinya untuk membuat garnish pada bahan makanan agar tampak cantik saat disajikan.

10# Carving Knife

Pisau ini memiliki bentuk tipis dan runcing. Umumnya disajikan di meja makan bersebelahan dengan garpu dan digunakan untuk memotong daging steak.




4 Langkah Mengatasi Toxic Marriage

Sebelumnya

Silent Treatment, Salah Satu Ciri Toxic Marriage yang Mesti Diwaspadai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family