Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SEIRING bertambahnya usia, otak manusia lambat laun akan mengalami penurunan, yang akan menyebabkan beberapa orang kemungkinan akan kesulitan dalam mengingat.

Untuk mencegah hal itu, ternyata ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi guna membantu meningkatkan daya ingat. Beberapa makanan tersebut telah dibuktikan oleh berbagai penelitian dapat memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan otak manusia, serta mencegah kehilangan memori secara dini.

Berikut makanan yang dimaksud:

1. Ikan salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya, seperti ikan kembung, tuna, dan sarden, berada di urutan teratas dalam daftar makanan yang baik untuk kesehatan otak. Sebab, kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki salmon sangat dibutuhkan oleh otak untuk membangun sel-sel dan saraf. Asam lemak satu ini juga berperan penting untuk meningkatkan memori.

2. Blueberry

Berdasarkan salah satu ulasan dari 11 studi yang ada, blueberry memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan daya ingat dan proses kognitif tertentu pada anak dan kelompok lanjut usia (lansia). Sebab, blueberry dan buah beri berwarna gelap lainnya dapat menghasilkan anthocyanin, kandungan senyawa tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Antioksidan ini bertindak untuk melawan stres oksidatif yang memicu peradangan, kondisi yang dapat menyebabkan penuaan otak.

3. Kunyit

Senyawa aktif yang berada di dalam kunyit bernama Curcumin terbukti dapat melintasi penghalang antara darah dan otak. Artinya, darah dapat langsung masuk ke otak dan memberikan manfaatnya untuk sel-sel yang ada di otak. Tidak hanya itu, curcumin juga dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya vitamin K. Vitamin ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan otak, sebab vitamin K berperan penting dalam membentuk sphingolipids, yaitu sejenis lemak yang dikemas dengan padat ke dalam sel otak. Beberapa penelitian pada lansia juga telah mengaitkan hubungan antara vitamin K dengan kemampuan daya ingat dan status kognitif yang lebih baik. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan.

5. Telur

Telur dapat mencegah hilangnya memori secara dini. Sebab, telur kaya akan vitamin B6, B12, folat, dan kolin, yang semuanya memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak. Kolin merupakan mikronutrien penting yang digunakan tubuh untuk memproduksi asetilkolin, yaitu neurotransmitter yang membantu mengatur memori. Penelitian bahkan menemukan bahwa asupan kolin yang tinggi dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi mental yang baik.

6. Dark chocolate

Mengonsumsi dark chocolate ternyata dapat memberikan kesehatan pada otak, karena dark chocolate kaya nutrisi seperti flavonoid, kafein, dan senyawa antioksidan. Flavonoid nyatanya sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran dan daya ingat. Para peneliti pun percaya bahwa senyawa ini dapat meningkatkan daya ingat dan menekan risiko penurunan mental akibat pertambahan usia.

7. Kacang

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan jantung, kacang juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak. Sebuah studi pada 2014 telah menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kacang secara teratur memiliki ingatan yang lebih tajam dibandingkan dengan mereka yang tidak mengemil kacang. Khasiat ini diduga diperoleh dari kandungan lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E pada kacang.

Nah itu dia makanan-makanan yang mudah kita temukan di mana-mana. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang telah disebutkan di atas, akan membantu menjaga kesehatan otak dan berfungsi mencegah hilangnya memori.




Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini yang Memicu Asam Lambung Naik

Sebelumnya

Arab Saudi dan RSUP Adam Malik Gelar Operasi Jantung Gratis

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health