KOMENTAR

JEPANG dikenal dengan budaya busananya yang indah dan berfilosofi tinggi. Salah satu bagian dari busana tersebut adalah Obi.

Obi adalah kain yang memiliki panjang sekitar tiga hingga empat meter dengan lebar sekitar 30 centimeter, yang berfungsi untuk menjaga kimono atau yukata agar tetap rapi. Obi berasal dari kata Obiru, yang dalah bahasa Jepang artinya memakai.

Berikut ini adalah beberapa jenis obi yang digunakan oleh para perempuan Jepang.

1# Maru Obi

Maru obi adalah obi formal yang digunakan untuk acara formal seperti pernikahan. Panjangnya sekitar 4,5 meter.

2# Fukuro Obi

Fukuro obi terbuat dari kain yang berkualitas tinggi dan bermotif cantik yang cenderung menunjukkan kemewahan, memiliki panjang sekitar empat meter dan lebar 30 centimeter.

Obi ini digunakan untuk kimono tomesode untuk menghadiri upacara pernikahan dan furisode untuk upacara kedewasaan.

Bahan pembentuk bagian depan dan belakang dijahit menjadi ikat pinggang seperti tas yang menandakan “kegembiraan dan kebahagiaan yang berlimpah”. Obi ini diikat dengan simpul  dekoratif Kazariobi untuk membuat tampilan pakaian menjadi lebih cantik.

3# Nagoya Obi

Obi ini digunakan untuk pakaian sehari-hari. Memiliki panjang  yang lebih pendek dari Fukuro obi yaitu sekitar tiga koma lima meter dan lebar 30 centimeter. Meskipun tidak ‘semeriah’ Fukuro obi, namun obi ini relatif lebih mudah digunakan.

4# Hanhaba Obi

Hanhaba Obi memiliki lebar sekitar 17 centimeter, sekitar setengah dari Fukuro Obi dan panjangnya sekitar 3 sampai 4 meter. Hanhaba Obi terbuat dari bahan yang relatif tipis. Biasanya diikat menyerupai pita untuk memakai yukata.

Bahan yang digunakan untuk membuat Hanhaba obi bervariasi, disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Pada musim panas , perempuan Jepang menggunakan Hanhaba dari kain” Ro”, yang merupakan campuran dari kain kasa dengan kain biasa, “Sha”, terbuat dari kain kasa halus dan “Ra” , terbuat dari kasa biasa.

5# Tsuke Obi

Obi ini merupakan obi yang paling pendek di antara obi lainnya. Obi ini dapat langsung dikenakan tanpa memerlukan pengait khusus untuk menyatukan ujungnya.




Fashion Trend ala NewJeans, Populerkan Kembali Wide Pants dan Jeans

Sebelumnya

5 Kandungan Moisturizer Terbaik untuk Wajah Berminyak, Hati-Hati Jangan Salah Pilih!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga