Kalimat afirmasi membuat kita bisa merasa hebat/Net
Kalimat afirmasi membuat kita bisa merasa hebat/Net
KOMENTAR

AFIRMASI positif adalah pengucapan kata-kata baik secara berulang, yang dapat menghadirkan kita pada hal-hal baik dan terhindar dari hal buruk. Tindakan ini biasanya diucapkan untuk memberikan semangat kepada diri sendiri dalam melewati hari-hari yang sulit.

Beberapa kalimat afirmasi positif yang biasa diucapkan antara lain: “Aku pasti bisa melewati masalah ini” atau “Aku kuat untuk menghadapi berbagai tantangan”.

Namun sayangnya, tidak semua orang dapat menerapkan afirmasi secara efektif untuk mengubah hidup menjadi lebih baik.

Dikutip dari Psychology Today, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan jika ingin afirmasi positifmu dapat mempengaruhi hidup.

Pilih kata-kata positif yang kamu percayai

Pilihlah kata-kata positif yang dapat kamu percaya. Misalnya seperti, “Saya menerima diri saya sendiri dan saya pantas mendapatkan hal-hal hebat”.

Kalimat afirmasi ini bisa gagal ketika jauh di lubuk hati, kamu tidak mempercayai hal itu. Sebaiknya, kamu harus meyakini dengan apa diucapkan akan dapat menjadi kenyataan.

Anggap hal yang kamu ucapkan sudah berhasil dilakukan

Cara efektifnya adalah dengan menganggap bahwa hal tersebut sudah terjadi. Misalnya, kamu membayangkan berhasil melewati tantangan, meskipun sebenarnya hal tersebut belum terjadi. Dengan begitu, dapat membantu membentuk afirmasi yang efektif serta mengubah pola pikir yang sering meragukan diri sendiri.

Tetapkan afirmasi yang sesuai dengan kondisimu

Kamu juga harus memilih afirmasi positif yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai kamu ikut-ikutan afirmasi orang lain, karena setiap individu memiliki masalah atau tantangan hidup yang berbeda.

Misalnya kamu memiliki masalah dalam kariermu. Untuk mengatasi perasaan negatif ini, kamu harus memberikan afirmasi positif seperti, “Pekerjaan saya memuaskan saya, saya senang memiliki pekerjaan ini, dengan rekan yang luar biasa dan pekerjaan yang menyenangkan”.

Ucapkan afirmasi dengan rutin

Buatlah kalimat afirmasi melalui notes yang ditempel di kamar, meja kerja, untuk dapat terus merasakan energi positif ketika kamu sedang mengalami overthinking. Dengan melihat tulisan afirmasimu, akan membantu kamu dalam mengubah cara pandang dari pikiran-pikiran negatif yang belum tentu terjadi.

Kalimat afirmasi akan menjadi berhasil jika cara yang dilakukannya benar dan rutin diucapkan.




IDAI: Terapi Vitamin A untuk Anak dengan Campak, Perhatikan Dosisnya!

Sebelumnya

Anak Stunting Rawan Tertular TBC, Benarkah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health